Harry Maguire, Tukang Sapu MU Termahal di Dunia

Oleh Bogi Triyadi pada 06 Agu 2019, 17:15 WIB
Diperbarui 06 Agu 2019, 18:16 WIB
Harry Maguire

Liputan6.com, Manchester - Setelah berbulan-bulan menjadi spekulasi, Manchester United (MU) akhirnya mendapatkan tanda tangan Harry Maguire. Bek berusia 26 tahun itu diboyong dari Leicester City dengan mahar 80 juta pound atau sekitar Rp 1,38 triliun.

MU mengontrak bek Maguire enam musim dengan opsi perpanjangan. Bek timnas Inggris itu telah diperkenalkan pada Senin (5/8/2019) waktu setempat.

Tak hanya resmi menjadi pemain MU, Maguire kini juga menyandang status bek termahal di dunia. Harganya sudah melewati nilai transfer Virgil van Dijk saat dibeli Liverpool dari Southampton sebesar 75 juta pound pada Januari 2018.

"Terima kasih kepada semua yang sudah mendukung saya dalam berkarier. Saya sangat bangga bisa bergabung dengan MU," kata Maguire.

Maguire menjadi rekrutan ketiga MU pada musim panas ini. Sebelumnya, Setan Merah telah merekrut Daniel James (15 juta pound) dan Aaron Wan-Bissaka (50 juta pound).

Dengan bergabungnya Maguire dan Wan-Bissaka, manajer Ole Gunnar Solskjaer berharap dapat memperbaiki rapuhnya lini belakang MU. Musim lalu, MU hanya membukukan tujuh clean sheet dan kebobolan 54 kali dari 38 laga Liga Inggris.

 

 

2 of 3

Total Pengeluaran MU untuk Maguire

Harry Maguire Resmi Berkostum Manchester United
Manchester United (MU) telah mengumumkan rekrutan anyar Harry Maguire, Senin (5/8/2019). Doc: Manutd.

Seperti dilansir Daily Mail, MU dikabarkan akan mengeluarkan total investasi sebesar 150 juta pound selama Harry Maguire mengabdi di Old Trafford. Ini dengan perhitungan bek 26 tahun itu digaji 190 ribu pound per pekan.

Kalau terus bertahan, Maguire disebut akan mendapatkan 69 juta pound selama di MU. Ini membuat total pengeluaran MU untuk bek timnas Inggris ini masih dibawah 150 juta pound.

Jumlah tersebut yang harus dikeluarkan MU untuk memperkuat lini pertahanannya dan ini hanya untuk seorang pemain. Padahal, MU sebelumnya sudah membeli Daniel James dan Aaron Wan Bissaka.

 

3 of 3

Statistik Maguire

Harry Maguire adalah bek tengah yang dibutuhkan MU. Ia akan diduetkan dengan Victor Lindelof sebagai tembok pertahanan MU.

"Harry salah satu bek tengah terbaik saat ini. Ia mampu membaca pertandingan dan keberadaannya di lapangan sangat kuat," kata manajer MU Ole Gunnar Solskjaer.

"Dia juga punya kemampuan untuk tetap tenang dalam tekanan. Ditambah dengan kemampuannya mengolah bola dan kotak penalti lawan, saya lihat dia akan langsung klop dengan MU."

Pendapat Solskjaer tidak salah. Berdasarkan catatan Opta, Maguire memenangkan 78 persen dari duel udara pada musim lalu. Torehannya itu lebih baik dari bek MU, yakni Chris Smalling (64 persen), Phil Jones (72 persen), dan Eric Bailly (76 persen).

Catatan lain, Maguire membuat 61 operan per 90 menit. Jumlah itu lebih banyak dari Lindelof (52) dan Jones (54). Terpenting, Maguire bermain dalam 31 pertandingan - lebih dari Lindelof, Smalling, Jones, dan Bailly. Ini menunjukkan Maguire konsisten dan terhindar dari masalah cedera.

Maguire adalah bek tengah yang kerap membawa ke depan. Dia menyelesaikan drible paling banyak, yakni 16 dari semua bek tengah pada 2018-19. Musim lalu, ia mencetak tiga gol.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓