Sukses

Community Shield: Lewat Adu Penalti, City Kalahkan Liverpool

City menang lewat adu penalti. Gelandang Liverpool, Wijnaldum gagal memperdaya Claudio Bravo.

Liputan6.com, London- Manchester City berhasil menjuarai Community Shield 2019. The Citizens menang adu penalti 5-4 atas Liverpool setelah bertarung sama kuat 1-1 selama 90 menit di Stadion Wembley, Minggu (4/8/2019) malam WIB.

Pertemuan City dengan Liverpool berlangsung seru sejak menit pertama. City mendapat peluang emas lebih dulu ketika laga baru berjalan tiga menit melalui Leroy Sane. 

Berawal dari kesalahan Joe Gomez, bola bisa dicuri Raheem Sterling. Kemudian Sterling mengumpankan kepada Sane. Akan tetapi sepakan Sane masih meleset dari sasaran.

Liverpool balas mengancam pada menit enam. Penyerang Roberto Firmino nyaris mencetak gol ketika sepakan volinya masih bisa digagalkan Claudio Bravo.

Memasuki menit 12, City akhirnya bisa membuka keunggulan. Sterling berhasil menjebol gawang Liverpool usai menuntaskan umpan dari gelandang David Silva.

Selang lima menit kemudian, Sterling nyaris menggandakan keunggulan City. Tapi kali ini peluang eks pemain Liverpool itu masih bisa dipatahkan kiper Alisson Becker.

Pada sisa babak pertama, kedua tim justru sulit menciptakan peluang. Sampai turun minum, skor tetap 1-0 untuk City.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Liverpool meningkatkan intensitas serangan di babak kedua. The Reds kurang beruntung. Dua peluang emas dalam kurun dua menit melalui Virgil van Dijk dan Mohammed Salah terbentur tiang gawang.

City seharusnya bisa menambah keunggulan di menit 61. Sayangnya Sterling ragu-ragu mengambil keputusan apakah menendang atau mengumpan sehingga bola keburu diamankan Alisson.

Liverpool kembali mengancam pada menit 69. Kali ini tembakan Salah masih bisa digagalkan oleh Claudio Bravo.

Derasnya serangan Liverpool akhirnya membuahkan gol penyeimbang pada menit 77. Duet bek tengah Liverpool menjadi mimpi buruk bagi City. Umpan Van Dijk dengan baik diselesaikan oleh Joel Matip menjadi gol penyeimbang.

Liverpool harusnya bisa memenangi laga Community Shield ini di waktu normal bila Salah tidak membuang peluang di menit 90+2.

Kesalahan Nicolas Otamendi membuat Salah lepas. Tembakan Salah bisa ditepis Bravo. Bola rebound kemudian disundul oleh Salah. Kyle Walker masih bisa menyapu bola dengan aksi akrobatiknya.

Karena skor masih sama kuat 1-1 hingga 90 menit berakhir. Pertandingan dilanjutkan ke adu penalti.

3 dari 3 halaman

Adu Penalti

Pada adu penalti, keberuntungan memihak City. Kelima penendang mereka yakni Ilkay Gundogan, Bernardo Silva, Phil Foden, Zinchenko dan Gabriel Jesus semua mampu memperdaya Alisson.

Sedangkan satu algojo Liverpool gagal menunaikan tugasnya. Eksekusi Wijnaldum berhasil digagalkan oleh Bravo. Adapun empat penendang lainnya yang berhasil memperdaya Bravo adalah Salah, Adam Lallana, Alex Oxlade Chamberlain dan Xherdan Shaqiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.