Sukses

Prediksi PSIS vs Tira Persikabo: Misi Mahesa Jenar Hentikan Laju Positif Tim Tamu

PSIS Semarang menjamu Tira Persikabo dalam laga pekan ke-12 Shopee Liga 1 2019, Jumat (2/8/2019) sore WIB.

Jakarta Pertarungan sengit akan tersaji pada pekan ke-12 Shopee Liga 1 2019. PSIS Semarang bakal bentrok dengan Tira Persikabo di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jumat (2/8/2019).

Tira Persikabo yang belum pernah mengalami kekalahan di Liga 1 2019 akan diuji garangnya PSIS ketika tampil di kandang sendiri. PSIS sangat membutuhkan hasil positif usai menelan kekalahan dari Persib Bandung, Minggu (21/7/2019).

Pelatih PSIS, Jafri Sastra, tidak terlalu banyak merombak skuatnya, seperti saat menghadapi Persib. Jandia Eka Putra, Wallace Costa, Septian David Maulana, hingga duet Silvio Escobar dan Hari Nur Yulianto, dipastikan tetap mengisi tim utama.

Fokus PSIS dalam laga ini adalah memperkuat barisan pertahanan. Pasalnya, Tira Persikabo memiliki deretan pemain depan berbahaya, yakni trio Osas Saha, Ciro Alves, dan Loris Arnaud. Bahkan Ciro Alves sedang onfire dengan koleksi sembilan golnya.

Untuk menghentikannya, PSIS akan memaksimalkan duet stoper Wallace Costa dan Rio Saputro yang mulai padu. Rio Saputro mengaku sudah mempelajari permainan lini depan Tira Persikabo.

"Saya melihat sejauh ini Tira Persikabo menjadi tim yang kuat karena belum pernah kalah. Tapi, PSIS akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa memenangkan pertandingan," kata Rio Saputro, Kamis (1/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PSIS Punya Keuntungan

PSIS cukup beruntung ketika menjamu Tira Persikabo. Selain pendukung yang akan memenuhi Stadion Moch Soebroto, Magelang,  masa recovery pemain PSIS dirasa cukup.

Seluruh pemain dapat kembali diturunkan, termasuk Patrick Mota yang terkena kartu merah saat melawan Persib Bandung. Akumulasi kartu yang diterima Mota hanya berlaku untuk partai melawan PSM Makassar yang ditunda. Ditambah dengan kembali hadirnya gelandang muda Tegar Infantrie yang sudah pulang dari pemusatan latihan Timnas U-22.

"Setelah punya jeda waktu delapan hari, kami manfaatkan dengan memaksimalkan banyak aspek. Anak-anak antusias menyambut pertandingan melawan Tira Persikabo. Terlepas dari hal itu, semua harus bekerja keras demi mendapatkan poin," ujar pelatih PSIS, Jafri Sastra.

Pelatih asal Payakumbuh, Sumatera Barat ini meminta skuatnya agar tidak melakukan kecerobohan seperti yang baru saja dilakukan Persela Lamongan saat melawan Borneo FC. Kiper Persela, Dwi Kuswanto, menanduk gelandang Borneo FC, Wahyudi Hamisi, jelang laga berakhir di area terlarang.

Wasit pun menghukum kedua pemain dengan kartu merah dan memberikan hukuman penalti kepada Persela. "Berkaca dalam laga Persela kemarin, yang justru bisa merugikan tim sendiri. Jadi semua pemain harus berkonsentrasi," tutur pelatih PSIS itu.

3 dari 4 halaman

Tira Persikabo Waspada

Sementara di kubu lawan, pelatih Rahmad Darmawan dipastikan tidak dapat menurunkan dua pilarnya, Abduh Lestaluhu dan pemain asing Louise Essengue Parfait. Keduanya terkena akumulasi kartu di pertandingan sebelumnya, saat menahan imbang Kalteng Putra (26/7/2019).

Posisi kedua pemain kemungkinan besar akan diisi oleh Vava Mario Yagalo dan Roni Sugeng Ariyanto. Tira Persikabo juga punya modal besar menghadapi PSIS, yaitu produktivitas gol yang tinggi. Tira Persikabo berhasil menyarangkan 16 gol dalam lima pertandingan terakhir adalah buktinya.

Meski demikian, Rahmad Darmawan meminta anak buahnya tetap waspada terhadap PSIS. Meski sedang berada di atas, Tira Persikabo tidak menjamin akan menang mudah di Magelang.

"Terus terang PSIS cukup spesial bagi saya, karena mereka memiliki filosofi permainan yang ngotot selama pertandingan. Mereka pasti akan termotivasi untuk bisa mengalahkan kami. Untuk itu kami juga wajib waspada," bebernya.

 

4 dari 4 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSIS Semarang (4-3-3): Jandia Eka Putra (kiper); Fredyan Wahyu, Wallace Costa, Rio Saputro, Safrudin Tahar (belakang); Patrick Mota, Septian David Maulana, Arthur Bonai (gelandang); Bayu Nugroho, Silvio Escobar, Hari Nur Yulianto (depan)

Pelatih: Jafri Sastra

Tira Persikabo (4-4-2): Teguh Amiruddin (kiper); Andy Setyo, Khurshed Beknazarov, Vava Yagalo, Rifad Marasabessy (belakang); Ciro Alves, Manahati Lestusen, Osas Saha, Roni Sugeng (gelandang); Wawan Febriyanto, Loris Arnaud (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.