Sukses

Total 1.100 Sekolah Ikuti Kejuaraan Nasional Futsal Tingkat SMU

Kejuaraan futsal antar SMU bertajuk Hydro Coco National Futsal Tournament kembali digelar dan akan diikuti 1.100 sekolah dari 31 kota mulai September hingga November.

Liputan6.com, Jakarta PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui brand Hydro Coco kembali menyelenggarakan Turnamen Futsal Nasional tingkat Sekolah Menengah Umum (SMU) Hydro Coco Cup (Hydro Coco National Futsal Tournament/HCNFT). Ini jadi tahun ketujuh penyelenggaraan HCNFT dengan melibatkan 1.100 sekolah SMU dari 31 kota dengan melibatkan lebih dari 170.000 pemain dan suporter, meningkat dari tahun sebelumnya yang diikuti oleh 1.003 sekolah SMU dari 28 kota.

Kick Off HCNFT di selenggarakan di GOR Temenggung, dibuka oleh Edhi Prasetyo selaku Sekjen Federasi Futsal Indonesia, Drs. Ali Chozin selaku Plh. Kepala BNN Provinsi Kepulauan Riau didampingi oleh Ronald Unadi, Head of Beverages PT Kalbe Farma Tbk. 

"Jumlah peserta dari tahun ke tahun semakin meningkat, dan kami mencoba menyediakan ruang bagi para siswa SMU untuk bisa berprestasi dan hidup sehat. Ini sejalan dengan misi Kalbe untuk berkontribusi kepada Indonesia lebih Sehat, salah satunya melalui aktifitas olahraga khususnya Futsal," ujar Ronald Unadi, Head of Beverages PT Kalbe Farma Tbk.

"Kegiatan HCNFT diselenggarakan dengan sepengetahuan Federasi Futsal Indonesia, serta mendapat dukungan dari Badan Narkotika Nasional sebagai wadah edukasi mengenai bahaya narkoba, dan juga didukung oleh Kementerian Pariwisata sebagai salah satu event sport tourism dalam mendukung kampanye Wonderfull Indonesia,"

Sementara itu, Edhi mengapresiasi Hydro Coco yang sudah menghelat kejuaraan futsal antar SMU. Dia mengatakan HCNFT juga banyak berkontribusi untuk lahirnya pemain-pemain futsal.

"Kepada pihak kalbe, khususnya Hydro Coco, kami mengucapkan terima kasih atas dukungannya untuk kemajuan futsal indonesia agar dapat bersaing dengan negara lain. Tidak dapat dipungkiri banyak pemain yang beredar di nasional adalah yang pernah bermain di Hydro Coco National Futsal Tournament," katanya.

"Diharapkan turnamen ini dapat meningkatkan pengetahuan dan cara bermain futsal yang benar sesuai aturan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA), sejak tahun 2018 Hydro Coco Cup resmi ditunjuk sebagai program U-18 Federasi Futsal Indonesia."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Kemenpar dan BNN

Turnamen ini dilaksanakan mulai bulan Juli sampai dengan Grand Final di bulan November 2019. Turnamen futsal yang berhadiah total 320 juta rupiah ini juga akan memperebutkan tim juara yang akan menjadi perwakilan SMU Indonesia yang ikut dalam turnamen futsal internasional tingkat sekolah menengah di Thailand. Bagi national best player akan mendapatkan beasiswa dari Universitas Trisakti.

"Ini sudah tahun kelima BNN terlibat dalam turnamen Hydro Coco Cup, kami memiliki kesamaan visi dengan Kalbe yaitu menciptakan masyarakat Indonesia yang lebih sehat khususnya hidup sehat tanpa narkoba,” ujar Drs. Ali Chozin selaku Plh. Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepulauan Riau.

"Dalam setiap kesempatan pertandingan, BNN aktif melakukan sosialiasi mengenai pentingnya hidup sehat tanpa narkoba. Kami mengajak agar generasi muda turut peduli dan ikut berperan aktif dalam mencegah Narkoba di lingkungan sekolah agar aman dan terbebas dari penyalahgunanaan dan peredaran gelap narkoba,” lanjut Ali.

Hydro Coco Cup akan diselenggarakan di 31 kota yang dibagi menjadi Gold Qualification dan Silver Qualification. Kualifikasi Silver diselenggarakan di 22 kota yaitu Balikpapan, Banyuwangi, Bekasi, Bogor, Cirebon, Denpasar, Jember, Kediri, Lampung, Manado, Malang, Mataram, Padang, Palembang, Pekanbaru, Kudus, Purwokerto, Samarinda, Sukabumi, Tangerang, Tasik Tegal. Sedangkan kualifikasi Gold diselenggarakan di 9 kota yaitu Batam, Medan, Semarang, Bandung, Solo, Surabaya, Makassar, Banjarmasin dan Jakarta.

"Seperti kita ketahui pelaksanaan Hydro Coco Cup tersebar di 31 kota yang ada di Indonesia, kami berharap turnamen ini bisa bersinergi dengan program Wonderful Indonesia dari segi sport tourism,” ujar Haryanto, Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata.

Selain mendapat dukungan dari Federasi Futsal Indonesia, Badan Narkotika Nasional dan Kementerian Pariwisata, turnamen ini juga didukung Universitas Trisakti, Ortus Eight sebagai official apparel serta Bolalob sebagai media partner resmi untuk Hydro Coco Cup 2019. Pada tahun 2013 turnamen futsal Hydro Coco Cup berhasil mendapat penghargaan sebagai salah satu Best Impactfull Activation for Youth dari majalah SWA dan 2018 Hydro Coco Cup dianugerahi sebagai Tournament Futsal Favorit oleh Bolalob.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.