3 Pemain Prancis Yang Berjaya di Barcelona

Oleh Liputan6.com pada 29 Jul 2019, 19:00 WIB
Diperbarui 30 Jul 2019, 08:15 WIB
Pesepakbola yang Akhirnya Menelan Ludahnya Sendiri

Liputan6.com, Jakarta - Antoine Griezmann baru saja bergabung dengan Barcelona. Ia ditebus dari Atletico Madrid dengan biaya yang mencapai 120 juta euro (Rp. 1,8 triliun).

Kedatangan Greizmann jelas semakin menambah pemain Prancis di skuat Barcelona saat ini. Sekarang Blaugrana punya lima pemain Prancis di skuat utama mereka.

Griezmann akan bergabung dengan rekan senegaranya di Camp Nou seperti Samuel Umtiti, Clement Lenglet, Ousmane Dembele dan Jean Clair-Todibo. Mereka semua datang ke Barca selama tiga tahun terakhir.

Ekpektasi besar tentu saja mengiringi kedatangan Griezmann di Barcelona. Ia tentu saja diharapkan bisa meneruskan kesuksesan pemain Prancis di klub.

Berikut ini tiga pemain Prancis terbaik di Barcelona seperti dilansir Madaboutepl.

 

2 of 4

1. Eric Abidal

Manchester United, Barcelona, Laga amal
Legenda Barcelona, Eric Abidal dan legenda Manchester United, Ruud van Nistelrooy saat laga persahabatan di Stadion Old Trafford, Sabtu (2/9/2017). Pertandingan tersebut merupakan laga amal. (AFP/Paul Ellis)

Mantan pemain dan direktur olahraga Barcelona saat ini, Eric Abidal tiba di Camp Nou pada musim panas 2007. Ia merupakan bagian dari salah satu tim paling sukses dalam sejarah klub.

Berusia 27 tahun pada saat itu, mantan pemain Lille tersebut datang dengan harga 15 juta euro. Transfernya sangat bernilai karena ia mengangkat 16 piala termasuk 2 gelar Liga Champions.

Pada tahun 2011, Abidal mendapat kesempatan untuk mengangkat trofi Liga Champions meski dirinya bukanlah kapten tim. Hal itu ternyata dilakukan sebagai penghargaan dari para pemain Barca untuk Abidal yang sukses melewati waktu yang sulit ketika divonis menderita tumor.

Abidal sudah melakukan comeback yang sangat luar biasa dalam sepak bola setelah berjuang melawan tumor yang berujung kanker di hatinya. Setelah 6 tahun sukses di Barcelona, ia pindah ke AS Monaco pada 2013 dengan status bebas transfer.

3 of 4

2. Thierry Henry

Thierry Henry (© AFP 2010)
Ekspresi striker Barcelona, Thierry Henry di laga lanjutan La Liga melawan Villarreal di Nou Camp Stadium, 2 Januari 2010. (AFP PHOTO / LLUIS GENE)

Henry juga merupakan bagian dari tim yang sama dengan Abidal yang memenangkan sextuple di tahun debut Pep Guardiola sebagai pelatih kepala Barcelona. Itu adalah ​​suatu prestasi yang belum bisa diulang Barcelona sampai saat ini.

Mantan pemain Arsenal itu bergabung dengan Barcelona pada musim panas 2007 dengan nilai transfer 24 juta euro. Dia membuat 121 penampilan untuk klub dengan mencetak 49 gol dalam tiga musim di Camp Nou.

Pria berusia 41 tahun itu mengangkat 7 trofi bersama tim Catalan termasuk 2 gelar liga dan Liga Champions. Ia juga merupakan salah satu bintang Prancis paling terkenal dalam sejarah klub.

Henry kemudian pindah ke NY Red Bulls pada musim panas 2010 dengan status bebas transfer.

4 of 4

3. Ludovic Giuly

img_ludovic_giuly.jpg
Eks gelandang Barcelona Ludovic Giuly. (AFP PHOTO / MARTIN BUREAU)

Berusia 27 tahun pada waktu itu, Giuly tiba di Barcelona dari AS Monaco dengan biaya transfer yang mencapai 8,5 juta euro.

Meski tidak setenar dua pemain Prancis sebelumnya, mantan pemain Lyon itu memainkan peran penting dalam upaya klub untuk meraih kesuksesan kedua di Eropa.

Di semifinal Liga Champions 2006 melawan AC Milan, pemain Prancis itu mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut. Gol dari tendangan kaki kiri itu mampu mengirim Blaugrana ke final di Paris.

Setahun kemudian di tahun 2007, Giuly meninggalkan klub Catalan untuk klub Italia AS Roma dengan biaya 4,5 juta euro.

Sumber: Bola.net

Saksikan video menarik berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by