Sukses

MotoGP 2019: Faktor Motor Yamaha, Penyebab Rossi Belum Juga Menang Balapan

Menurut Lin Jarvis, Valentino Rossi masih memiliki masalah pada grip dan elektronik pada motor Yamaha yang dikendarainya sejak 2007.

Liputan6.com, Brno - Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, menyatakan menolak bersikap muram pada Valentino Rossi hanya karena gagal finis di tiga balapan MotoGP pada awal musim ini, yakni di Mugello, Catalunya, dan Assen. Hal ini ia sampaikan kepada Speedweek.

Rossi belakangan ini menjadi topik panas dalam pembicaraan paddock MotoGP akibat keterpurukan tersebut. Apalagi ia belum lagi menang sejak pekan balap di Assen pada 2017 lalu. Ini berarti The Doctor telah melewati 38 balapan tanpa kemenangan.

Keterpurukan ini membuat banyak pihak yakin Rossi, 40 tahun, harus mulai merencanakan masa pensiun dari MotoGP. "Saya tak yakin Vale mempertimbangkan pensiun. Ia ambil keputusan tepat untuk hidup dan kariernya. Yamaha ambil keputusan tepat karena ia merupakan rider Yamaha terbaik pada 2018," ujar Jarvis.

Pada delapan seri pertama musim ini, Rossi juga menyandang status rider Yamaha terbaik, sebelum akhirnya status itu diambil alih oleh Maverick Vinales, yang finis kedua di Sachsenring.

"Jelas tak ada orang yang berhak berkata bahwa ia tak seharusnya ada di MotoGP. Memang tiga kecelakaan itu mengecewakan, tapi masing-masing insiden punya 'cerita' berbeda," tutur Jarvis.

"Mugello adalah bencana. Vale tak lolos ke Q2 karena kesalahan kecil. Ia start dari posisi 18, lalu bersenggolan dengan Joan Mir, dan kemudian terjatuh saat berusaha memperbaiki posisi," ungkap pria asal Inggris ini, yang memuji kegigihan Rossi di Catalunya.

"Vale bangkit di MotoGP Catalunya, kuat dalam balapan. Ia jelas bisa ada di grup terdepan dan merebut podium, bahkan kemenangan juga memungkinkan. Tapi ia tak beruntung, dan dua rider kami terlibat kecelakaan yang dipicu Jorge Lorenzo," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Talenta dan Semangat

Jarvis pun yakin talenta dan semangat Rossi tak boleh diragukan. Ia juga menyatakan bahwa keterpurukan rider Italia tersebut saat ini hanya disebabkan motor YZR-M1 yang belum juga menemukan solusi untuk masalah grip dan elektronik yang melanda Yamaha sejak 2017.

"Jujur saja, jika motor kami lebih kuat, Vale bisa memenangi beberapa balapan awal musim ini. Jelas tiga balapan sebelum Sachsenring sungguh buruk, tapi itu semua disebabkan alasan-alasan berbeda. Tapi Anda harus tetap menyesuaikan perspektif dan tak hanya mengevaluasi tiga balapan tersebut," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Peringkat Ke-6

Menjelang MotoGP Ceko di Sirkuit Brno pada 2-4 Agustus mendatang, Rossi tengah duduk di peringkat keenam pada klasemen pebalap dengan koleksi 80 poin, tertinggal lima poin dari Vinales di peringkat kelima.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.