Sukses

3 Pilar Kunci Timnas Indonesia U-15 Saat Menghadapi Piala AFF U-15 2019

Timnas Indonesia U-15 memiliki tiga pemain yang begitu diandalkan untuk mengarungi ajang Piala AFF U-15 2019 di Thailand.

Chonburi - Keraguan menyelimuti perjuangan Timnas Indonesia U-15 di Piala AFF U-15 2019. Persiapan dilakukan beberapa kali, termasuk pemusatan latihan (training centre) yang rutin digelar sejak Mei lalu.

Skuat berjulukan Garuda Asia itu terbang ke Chonburi, Thailand, lokasi penyelenggaraan Piala AFF U-15 2019 dengan predikat juara bertahan. Namun, muncul kekhawatiran tatkala banyak perubahan di Timnas Indonesia U-15.

Setelah Fakhri Husaini ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia U-15, Bima Sakti Tukiman dipercaya mengambil alih tongkat kepemimpinan.

Selayaknya sebelum mengikuti sebuah turnamen, Timnas Indonesia U-15 mengadakan enam partai uji coba. Hanya, hasilnya dianggap kurang menjanjikan. Tim Garuda Asia tiga kali kalah. Sisanya, sekali meraih hasil seri dan dua kali menang.

Timnas Indonesia U-15 menang 1-0 dari Sister City, imbang 0-0 melawan tim Liga Kompas Gramedia U-15, menang 2-1 atas Askab PSSI Bekasi Selection, menang 3-1 atas SKO Ragunan, kalah 0-1 dari PPLPD Kabupaten Bogor, dan takluk 0-3 dari Tira Persikabo U-16.

Untuk tampil menjanjikan di Piala AFF U-15, Timnas Indonesia U-15 masih punya beberapa nama yang diandalkan. Berikut rangkumannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alexandro Felix Kamuru

Alexandro Felix Kamuru punya kemiripan dengan mantan penyerang Timnas Indonesia, Boaz Solossa. Larinya kencang, driblenya menawan, dan tendangan kaki kirinya keras. Kamuru mengingatkan dengan Boaz sewaktu muda.

Kamuru adalah penyerang sayap Barito Putera U-16. Sama-sama berasal dari Papua, Kamuru juga mengidolai Boaz Solossa.

"Saya senang dilatih oleh coach Bima karena cara melatihnya berbeda, terutama dari kedisiplinannya. Saya termotivasi untuk membawa Timnas Indonesia U-16 juara kembali di Piala AFF U-15," ujar Kamuru.

Kamuru diyakini akan menjadi andalan pelatih Bima Sakti dalam mengobrak-abrik pertahanan lawan selama Piala AFF U-15 2019.

3 dari 4 halaman

Muhammad Valeron

Satu lagi pemain yang mencolok dari Timnas Indonesia U-15. Namanya, Muhammad Valeron. Dia berasal dari Persib Bandung U-16.

Posisinya adalah penyerang. Tetapi, terkadang Valeron juga berperan sebagai gelandang serang.

Di Piala AFF U-15 2019, Valeron bertekad membawa Timnas Indonesia U-15 mempertahankan gelar.

"Insyaallah harus juara. Saya tidak sabar, dan ingin menunjukkan permainan bagus dan pintar. Gugup pasti ada, cuma mengalir saja. Terus diajarkan coach Bima Sakti untuk terus lebih baik lagi," kata Valeron.

4 dari 4 halaman

Fajar Setiawan

Fajar Setiawan adalah bek serbabisa milik Timnas Indonesia U-15. Fajar berasal dari Persija Jakarta U-16.

"Bangga tentunya, saya tapi saya tidak boleh puas, dan yang terpenting saya bersyukur dengan ini. Siap melakukan hal yang terbaik, sementara hasil pasrah yang penting harus kerja keras di timnas," ucap Fajar mengomentari keberadaannya di Timnas Indonesia U-15.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.