3 Pilar Kunci Timnas Indonesia U-15 Saat Menghadapi Piala AFF U-15 2019

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 27 Jul 2019, 13:50 WIB
Diperbarui 27 Jul 2019, 13:50 WIB
Bima Sakti dan Felix Kamuru

Chonburi - Keraguan menyelimuti perjuangan Timnas Indonesia U-15 di Piala AFF U-15 2019. Persiapan dilakukan beberapa kali, termasuk pemusatan latihan (training centre) yang rutin digelar sejak Mei lalu.

Skuat berjulukan Garuda Asia itu terbang ke Chonburi, Thailand, lokasi penyelenggaraan Piala AFF U-15 2019 dengan predikat juara bertahan. Namun, muncul kekhawatiran tatkala banyak perubahan di Timnas Indonesia U-15.

Setelah Fakhri Husaini ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia U-15, Bima Sakti Tukiman dipercaya mengambil alih tongkat kepemimpinan.

Selayaknya sebelum mengikuti sebuah turnamen, Timnas Indonesia U-15 mengadakan enam partai uji coba. Hanya, hasilnya dianggap kurang menjanjikan. Tim Garuda Asia tiga kali kalah. Sisanya, sekali meraih hasil seri dan dua kali menang.

Timnas Indonesia U-15 menang 1-0 dari Sister City, imbang 0-0 melawan tim Liga Kompas Gramedia U-15, menang 2-1 atas Askab PSSI Bekasi Selection, menang 3-1 atas SKO Ragunan, kalah 0-1 dari PPLPD Kabupaten Bogor, dan takluk 0-3 dari Tira Persikabo U-16.

Untuk tampil menjanjikan di Piala AFF U-15, Timnas Indonesia U-15 masih punya beberapa nama yang diandalkan. Berikut rangkumannya:

2 dari 4 halaman

Alexandro Felix Kamuru

Alexandro Felix Kamuru
Penyerang Timnas Indonesia U-16, Alexandro Felix Kamuru.

Alexandro Felix Kamuru punya kemiripan dengan mantan penyerang Timnas Indonesia, Boaz Solossa. Larinya kencang, driblenya menawan, dan tendangan kaki kirinya keras. Kamuru mengingatkan dengan Boaz sewaktu muda.

Kamuru adalah penyerang sayap Barito Putera U-16. Sama-sama berasal dari Papua, Kamuru juga mengidolai Boaz Solossa.

"Saya senang dilatih oleh coach Bima karena cara melatihnya berbeda, terutama dari kedisiplinannya. Saya termotivasi untuk membawa Timnas Indonesia U-16 juara kembali di Piala AFF U-15," ujar Kamuru.

Kamuru diyakini akan menjadi andalan pelatih Bima Sakti dalam mengobrak-abrik pertahanan lawan selama Piala AFF U-15 2019.

3 dari 4 halaman

Muhammad Valeron

Timnas Indonesia U-16
Pemain Timnas Indonesia U-16 saat pemusatan latihan di Sawangan, Senin (13/5). Sebanyak 41 anak mengikuti seleksi untuk memperkuat timnas di Piala AFF U-15 2019 di Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Satu lagi pemain yang mencolok dari Timnas Indonesia U-15. Namanya, Muhammad Valeron. Dia berasal dari Persib Bandung U-16.

Posisinya adalah penyerang. Tetapi, terkadang Valeron juga berperan sebagai gelandang serang.

Di Piala AFF U-15 2019, Valeron bertekad membawa Timnas Indonesia U-15 mempertahankan gelar.

"Insyaallah harus juara. Saya tidak sabar, dan ingin menunjukkan permainan bagus dan pintar. Gugup pasti ada, cuma mengalir saja. Terus diajarkan coach Bima Sakti untuk terus lebih baik lagi," kata Valeron.

4 dari 4 halaman

Fajar Setiawan

Timnas Indonesia U-16
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, saat pemusatan latihan di Sawangan, Senin (13/5). Sebanyak 41 anak mengikuti seleksi untuk memperkuat timnas di Piala AFF U-15 2019 di Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Fajar Setiawan adalah bek serbabisa milik Timnas Indonesia U-15. Fajar berasal dari Persija Jakarta U-16.

"Bangga tentunya, saya tapi saya tidak boleh puas, dan yang terpenting saya bersyukur dengan ini. Siap melakukan hal yang terbaik, sementara hasil pasrah yang penting harus kerja keras di timnas," ucap Fajar mengomentari keberadaannya di Timnas Indonesia U-15.

Lanjutkan Membaca ↓