Resmi Jadi WNI, Bek Persebaya Tak Sabar Bela Timnas Indonesia

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 26 Jul 2019, 21:10 WIB
Diperbarui 26 Jul 2019, 21:10 WIB
Otavio Dutra
Perbesar
Stoper Persebaya Surabaya, Otavio Dutra tampil dalam laga kontra Persela Lamongan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (1/7/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Surabaya - Pemain belakang Persebaya Surabaya, Otavio Dutra telah resmi berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Pemain berdarah Brasil itu pun mengaku ingin segera membela Timnas Indonesia.

Dutra pernah mengikuti pemusatan latihan (training centre) Timnas Indonesia pada Maret lalu. Karena proses naturalisasinya belum rampung, pemain berusia 35 tahun itu hanya ikut berlatih saat rekan-rekannya bersiap menghadapi Myanmar pada partai uji coba.

Otavio Dutra mengincar Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 sebagai debutnya bersama Timnas Indonesia. Di pertandingan pertama Grup G, armada Simon McMenemy akan menjamu Malaysia pada 5 September 2019.

"Semoga dalam beberapa hari lagi saya bisa memperkuat Timnas Indonesia. Saya sudah tahu ada rivalitas tinggi dengan Malaysia. Semoga coach Simon McMenemy dapat memanggil saya" imbuh Otavio Dutra.

"Harapan saya, kami bisa memenangkan pertandingan Timnas Indonesia kontra Malaysia. Itu harapan saya dan seluruh masyarakat Indonesia," tutur pemain yang sebelum membela Persebaya, sempat mengenakan seragam Persegres Gresik United itu.

 

2 dari 2 halaman

Sudah 9 Tahun di Tanah Air

Persebaya Surabaya, Otavio Dutra
Perbesar
Pemain Persebaya Surabaya, Otavio Dutra. (Bola.com/Aditya Wany)

Sejak 2010, Dutra telah menetap di Tanah Air. Sembilan tahun di Indonesia, pemain berdarah Brasil ini telah dua kali menjuarai Liga Indonesia.

Pertama ketika Dutra mengantar Persipura Jayapura sebagai kampiun Indonesia Super League 2013. Kedua, Bhayangkara FC dibawanya menjadi yang terbaik pada Liga 1 2017.

"Sejak bermain di Bhayangkara FC, saya sudah ingin menjadi WNI. Saya sudah berbicara dengan anak dan keluarga saya waktu itu," kata Dutra.

Lanjutkan Membaca ↓