10 Pesepak Bola Abang Beradik dengan Banderol Termahal di Dunia

Oleh Ario Yosia pada 26 Jul 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 28 Jul 2019, 00:13 WIB
FOTO : 7 pesepak bola kaka-beradik termahal

Jakarta Tidak sedikit kakak-beradik yang memiliki karier berbarengan sebagai pesepak bola profesional. Banyak di antara mereka mewarnai persaingan di kompetisi elite Eropa.

Karena sama-sama berbakat, tak sedikit dari mereka yang bisa bermain dengan klub-klub besar di Eropa, dan juga mendulang banyak prestasi sampai saat ini.

Akan tetapi juga ada yang bernasib apes. Abang adik kariernya beda satu dengan yang lain. Ada yang sukses di klub besar, ada juga yang mengais peruntungan di klub-klub kecil.

Berikut adalah 10 kakak-beradik termahal dalam sejarah sepak bola dunia:

2 dari 11 halaman

Nemanja dan Uros Matic (47,7 juta euro)

Semangat Pemain Manchester United Jelang Hadapi Valancia
Gelandang MU, Nemanja Matic (AFP Photo/Lindsey Parnaby)

Publik mungkin sudah mengetahui Nemanja Matic adalah salah satu gelandang bertahan terbaik di ​Premier League saat ini. Namun, sedikit yang tahu bahwa dirinya juga mempunyai adik yang juga berkarier sebagai pesepakbola, Uros Matic.

Kedua kakak-beradik itu, kini masuk ke urutan sepuluh dalam transfer termahal di dunia, dengan total 47,7 juta euro. Hal itu dilihat saat Nemanja hengkang ke​ Manchester United (44,70 juta euro), dan adiknya kala bergabung dengan FC Copenhagen (3 juta euro).

3 dari 11 halaman

Yaya dan Kolo Toure (48,7 juta euro)

FOTO : 7 pesepak bola kaka-beradik termahal
Yaya dan Kolo Toure (ANDREW YATES/ AFP)

Baik Kolo maupun Yaya Toure, keduanya bisa menjalankan perannya dengan baik di posisi masing-masin. Klub kaya raya asal Inggris, ​Manchester City pun berhasil menyatukan keduanya untuk berada di dalam satu tim pada tahun 2010 silam.

Saat itu, Kolo Toure sudah terlebih dahulu datang ke Etihad Stadium di tahun 2009 dengan mahar 18,70 juta euro, dan musim berikutnya baru sang adik Yaya menyusul kakaknya, usai The Citizens membayar sebesar 30 juta euro.

Total, Man City telah mengeluarkan dana transfer sebesar 48,70 juta euro untuk bisa menggunakan jasa keduanya.

4 dari 11 halaman

Rio dan Anton Ferdinand (56 juta euro)

Rio dan Anton Ferdinand
Rio Ferdinand (kanan) menyapa sang adik, Anton Ferdinand, saat keduanya bertemu di lapangan (ist)

Rio, dan Anton Ferdinand sama-sama berposisi sebagai bek tengah. Selain itu, keduanya pun juga mengawali karier sepakbolanya di West Ham United.

 Akan tetapi, Rio lebih terlihat menonjol ketimbang Adiknya, Anton, dalam perjalanan kariernya. Rio Ferdinand, berhasil hijrah ke​ Manchester United pada tahun 2002 ketika pihak klub rela mengeluarkan dana 46 juta euro dari Leeds United.

 Sedangkan, tim terbaik yang pernah dibela Anton adalah Sunderland di musim 2008/09 lalu, dengan mahar transfer 10 juta euro. Jika digabungkan, maka keduanya menghasilkan 56 juta euro.

 

5 dari 11 halaman

Anthony dan Johan Martial (60,8 juta euro)

FOTO : 7 pesepak bola kaka-beradik termahal
Johan dan Anthony Martial (AFP)

Sudah sering mendapatkan kepercayaan untuk bermain secara reguler di AS Monaco pada musim 2014-2015, akhirnya membuat​ Manchester United kepincut  menggunakan jasa Anthony Martial.

Tak tanggung-tanggung, pihak klub rela menggelontorkan dana sebesar 60 juta euro. Sedangkan, sang Adik, Johan Martial tidak begitu terlalu terlihat menonjol. Harga transfer tertinggi yang pernah didapatkan dirinya, hanya sebesar 800 ribu euro ketika dibawa Stade Brest 29.

 Walau begitu, Martial bersaudara tetap berhak menduduki posisi ketujuh lantaran mengumpulkan 60,80 juta euro. 

 

6 dari 11 halaman

Kaka dan Digao (67,5 juta euro)

Ricardo Kaka
Kaka (AFP/Pedro Armestre)

Ricardo Izecson dos Santos Leite atau yang lebih akrab dikenal sebagai Kaka, mulai merantau ke Eropa saat bergabung ke ​AC Milan di tahun 2003.

Memperkuat Rossoneri adalah keputusan tepat bagi pria asal Brasil, sebab dirinya mampu mengembangan bakat di sana sampai akhirnya diboyong Real Madrid pada musim 2009-2010 lalu, dengan dana 67 juta euro.

Adik dari Kaka, Digao sempat mengikuti jejak kakaknya di tahun 2004, saat bergabung ke AC Milan seharga 500 ribu euro. Sayangnya, dirinya tak begitu bisa menyamai level permainan di sana, sehingga lebih sering dipinjamkan ke berbagai klub.

Jika digabungkan, keduanya telah meraup 67,50 juta euro.

7 dari 11 halaman

Romelu dan Jordan Lukaku (88,7 juta euro)

FOTO : 7 pesepak bola kaka-beradik termahal
Romelu dan Jordan Lukaku (YORICK JANSENS / BELGA / AFP)

Romelu Lukaku, mulai datang ke Inggris di tahun 2011 lalu saat memperkuat Chelsea. Walau begitu, ketajamannya baru terlihat ketika membela Everton pada medio 2013-2017. 

Menunjukkan konsistensinya, akhirnya membuat Manchester United bersedia mengeluarkan transfer 84,70 juta euro.

 Teruntuk adiknya, Jordan Lukaku sejatinya juga bermain di salah satu klub besar Serie A, Lazio. Namun, berbeda dengan kakaknya, I Biancocelesti hanya perlu mengeluarkan 4 juta euro untuk mendapatkannya. Maka apabila ditotalkan, keduanya menjadi 88,70 juta euro

8 dari 11 halaman

Gonzalo dan Federico Higuain (91,3 juta euro)

Penyerang Chelsea, Gonzalo Higuain.
Gonzalo Higuain (AFP/CreditDANIEL LEAL-OLIVAS)

Performa terbaik Gonzalo Higuain dalam sepanjang kariernya, terlihat saat dirinya memperkuat Napoli di musim 2015-2016, ketika dia mampu menggemas 36 gol dari 35 laga yang dilakoninya dalam ajang Serie A.

Hal itu, akhirnya membuat ​Juventus resmi membawanya ke kota Turin di tahun 2016 dengan harga transfer 90 juta euro. Sayangnya, ketika memperkuat Bianconeri, dirinya belum terlihat bisa mengulangi penampilan terbaiknya sampai saat ini.

Federico Higuain yang merupakan kakak dari pemain berusia 31 tahun itu, hanya mampu bermain pada satu klub Eropa yaitu Besiktas, saat didatangkan seharga 1,30 juta euro. 

9 dari 11 halaman

Paul dan Florentin Pogba (105,5 juta euro)

20170222-Pogba Bersaudara Kembali Bertemu di Lapangan-AFP
Gelandang Manchester United Paul Pogba (kiri) dan bek Saint-Etienne Florentin Pogba menyapa para penonton usai pertandingan Liga Europa antara Manchester United melawan Saint-Etienne, di Stade Geoffroy-Guichard, Rabu (22/2). (PHILIPPE DESMAZES/AFP)

Bisa mengembangkan bakatnya di Juventus, membuat Manchester United seolah menyesal membuangnya secara gratis ke klub asal kota Turin tersebut. Dengan hal itu, Setan Merah akhirnya bersedia menghamburkan dana 105 juta euro untuk membelinya kembali pada 2016 silam.

Harga transfer Pogba ke Old Trafford, otomatis menjadikan dia dengan kakaknya Florentin Pogba, berada di urutan kedua sebagai kakak-beradik termahal di dunia (total 105,50 juta euro). Sebab, Florentin menyumbangkan 500 ribu euro, ketika didatangkan Saint-Etienne.

10 dari 11 halaman

Lucas dan Theo Hernandez (124 juta euro)

FOTO: Kalah dari Real Madrid, Luis Milla Gagal Buat Kejutan
Pemain Real Madrid, Theo Hernandez, merayakan gol yang dicetak Lucas Vazquez ke gawang Fuenlabrada pada laga Copa del Rey di Stadion Fernando Torres, Madrid, Kamis (26/10/2017) (AP/Francisco Seco)

Saat ini, baik Lucas maupun Theo Hernnadez baru saja resmi meninggalkan klub-klub masing-masing. Jika Lucas hijrah ke Bayern Munchen, adiknya memutuskan untuk melanjutkan kariernya ke AC Milan.

Total transfer keduanya terhitung menjadi 124 juta euro, saat Theo merumput bersama Real Madrid (24 juta euro) dan AC Milan (20 juta euro), dan kakaknya diboyong juara bertahan Bundesliga, Bayern Munchen sebesar 80 juta euro.

11 dari 11 halaman

Eden dan Thorgan Hazard (125,5 juta euro)

FOTO : 7 pesepak bola kaka-beradik termahal
Thorgan dan Eden Hazard (kolase foto dari AFP)

Eden dengan Thorgan Hazard resmi menjadi pemain kakak-beradik Termahal di dunia, ketika​ Eden Hazard hijrah ke​ Real Madrid  dengan transfer 100 juta euro, dan adiknya Thorgan mendarat ke ​Borussia Dortmund, dengan dana transfer 25,50 juta euro.

Maka dari itu, total harga transfer keduanya mencapai 125,50 juta euro.

Sumber: 90min

Lanjutkan Membaca ↓