5 Pemain Barcelona Ini Diperkirakan Mengalami Degradasi Rating di FIFA 20

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 25 Jul 2019, 06:30 WIB
Barcelona Dihabisi Liverpool

Jakarta - Kiprah Barcelona  sepanjang musim 2018/19 bisa dibilang tidak terlalu gemilang. Kondisi ini sepertinya bisa berdampak pada performa El Barca di gim FIFA 20 yang segera dirilis September nanti.

Beberapa pemain diperkirakan akan mendapatkan penurunan rating di video games populer dunia, FIFA.

Meskipun di dunia nyata tim asal Catalan itu memperoleh trofi La Liga, Barcelona harus tersingkir secara dramatis dari Liga Champions 2019, setelah kalah dari Liverpool.

Setelah unggul 3-0 pada leg pertama semifinal, El Barca dibuat tak berdaya dengan mengakui keunggulan agregat 4-3 dari The Reds pad leg kedua.

Tak hanya itu, tim asuhan Ernesto Valverde itu juga dipermalukan Valencia di final Copa Del Rey 2019. Barcelona kalah 1-2 dari Los Che di Stadion Benito Villamarin, Seviilla, Minggu (26/5/2019).

Performa sederet bintang Barcelona terlihat naik turun musim lalu. Alhasil, para pemain diprediksi akan mengalami penurunan rating di FIFA 20.

Berikut ini 5 bintang Barcelona yang berpotensi mengalami penurunan alias degradasi rating signifikan di FIFA 20 seperti dilansir dari Sportskeeda.

 

2 of 6

Rafinha

Barcelona Vs Real Madrid
Gelandang Barcelona, Rafinha, berebut bola dengan gelandang Real Madrid, Casemiro, pada laga La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona, Minggu (28/10). Barcelona menang 5-1 atas Madrid. (AFP/Gabriel Bouys)

Rafinha masih terikat kontrak dengan Barcelona hingga Juni 2020. Namun, pemain asal Brasil itu tidak masuk rencana Ernesto Valverde musim depan.

Rafinha berpotensi meninggalkan El Barca pada bursa transfer musim panas ini. Dia telah dikaitkan dengan klub asal La Liga, Valencia.

Pemain berusia 26 tahun itu sejatinya sudah ingin meninggalkan Camp Nou untuk bergabung dengan Inter Milan musim lalu. Namun, kedua klub tidak menemui titik temu dalam urusan harga pemain.

Alhasil, Rafinha diberi kesempatan bermain oleh Valverde, tapi ia harus mengalami cedera ACL dan harus mengakhiri musim lebih cepat. Saat ini, ratingnya berada di angka 82, kemungkinan nilainya akan turun menjadi 80 di FIFA 20.

3 of 6

Malcom

Inter Milan Vs Barcelona
Gelandang Barcelona, Malcom, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Inter Milan pada laga Liga Champions di Stadion San Siro, Milan, Selasa (6/11). Kedua klub bermain imbang 1-1. (AFP/Marco Bertorello)

Barcelona sukses membajak Malcom yang selangkah lagi bergabung dengan AS Roma pada awal musim lalu. Banyak yang berharap kehadirannya akan membawa banyak perubahan di skuat Ernesto Valverde.

Namun, kenyataannya berbeda. Sepanjang musim 2018-2019, Malcom hanya mencatatkan 15 penampilan dengan menyumbang satu gol dan satu assist di kompetisi La Liga.

Pemain kelahiran Brasil itu mendapatkan nilai 83 di FIFA 19. EA Sports kemungkinan akan menurunkan rating Malcom hingga 81 di FIFA 20.

4 of 6

Arturo Vidal

Arturo Vidal, Barcelona, La Liga
Pemain baru Barcelona, Arturo Vidal, saat perkenalan di Stadion Camp Nou, Senin, (7/8/2018). Barcelona merogoh kocek sebesar 19 juta euro untuk mengamankan jasa pria berkebangsaan Cile itu. (AP/Manu Fernandez)

Saat ini, rating Arturo Vidal berada di angka 85. Akan tetapi, belum ada alasan untuk tetap mempertahankan ratingnya tersebut.

Penampilan Vidal sepanjang musim lalu bisa dibilang biasa aja. Tidak ada yang spesial dari performanya bersama Barcelona.

Hal tersebut yang membuat EA Sports yakin menurunkan ratingnya menjadi 83 di FIFA 20 nanti.

5 of 6

Ivan Rakitic

Ivan Rakitic
Ivan Rakitic masih betah di Barcelona (LLUIS GENE / AFP)

Kedatangan Ivan Rakitic memberikan harapan buat para penggemar Barcelona. Namun, kualitasnya mulai menurun seiring berjalannya waktu.

Ernesto Valverde ingin Ivan kembali meningkatkan performa untuk bersaing dengan gelandang lainnya. Apalagi, El Barca mendatangkan pemain muda potensial, Frenkie de Jong.

Ivan Rakitic memiliki rating 87 di FIFA 19. Akan tetapi, EA Sports berpotensi menurunkan ratingnya hingga 85 di FIFA 20.

6 of 6

Philippe Coutinho

Barcelona-Sevilla
Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Sevilla di final Copa del Rey di stadion Wanda Metropolitano di Madrid (21/4). Barcelona menang 5-0. (AP Photo / Paul White)

Selama satu setengah musim berseragam El Barca, Philippe Coutinho, tampil tak konsisten. Performa tersebut membuat suporter Blaugrana kesal.

Tak jarang, mantan pemain Liverpool itu mendapat cemoohan dari pendukung Barcelona selepas pertandingan yang dijalaninya.

Hal tersebut juga membuat Coutinho kerap dirumorkan akan hengkang dari Los Cules. Dia kerap dikaitkan dengan beberapa klub eropa, yakni Paris Saint Germain, Liverpool, dan Manchester United.

Hal tersebut cukup meyakini EA Sports untuk menurunkan rating menjadi 85 di FIFA 20 nanti. Padahal sebelumnya Coutinho memiliki rating 88 di FIFA 19.

Lanjutkan Membaca ↓