Rebut Gelar di Usia Senja, Pacquiao Belum Berpikiran Pensiun

Oleh Marco Tampubolon pada 22 Jul 2019, 09:20 WIB
Diperbarui 24 Jul 2019, 09:13 WIB
Manny Pacquiao

Liputan6.com, Jakarta Manny Pacquiao kembali menambah koleksi gelarnya di usia yang sudah terbilang senja bagi olahragawan. Petinju asal Filipina tersebut kini menjadi juara dunia kelas welter versi WBA usai mengalahkan petinju AS, Keith Thurman di Las Vegas, Nevada, Minggu (21/7/2019). 

Dalam duel ini, Pacquiao berhasil memukul jatuh Thurman di ronde pertama. Namun petinju berusia 30 tahun tersebut mampu bangkit sebelum wasit menyelesaikan hitungannya. 

Stamina Pacquiao mulai kedodoran di ronde-ronde akhir. Namun teknik dan pengalaman bertinju yang dimiliki Senator Filipina itu membuatnya mampu meladeni Thurman hingga ronde ke-12. Selanjutnya, Pacquiao dinyatakan menang angka 113-114, 115-112, 115-112.

"Saya yakin semua senang dengan penampilan saya," kata Pacquiao usai pertandingan seperti dilansir Fightnews. "Lawanku anak muda, punya pukulan yang kuat. Perjalannya tidak berakhir di sini. Masa depannya cerah. Orang ini adalah pejuang, dan saya merasa beruntung bisa memenangkan pertandingan ini," kata Manny Pacquiao memuji Thurman.

Kemenangan ini membuat rekor bertanding Pacquiao berubah menjadi 62-7-2 39 (KO). Sementara bagi Thurman, ini jadi kekalahan perdana sepanjang kariernya (29-1, 22 KO).

Bagi Pacquiao, pertarungan melawan Thurman tidak mudah. Sebab lawan yang dihadapi memberi perlawanan hebat sepanjang ronde sehingga duel berjalan lebih menarik. 

"Saya bisa membandingkan ini dengan pertarungan melawan Margarito, De La Hoya, atau Morales. Maksudku, Anda bisa lihat apa yang kami lakukan di ring malam ini. Dia sangat tangguh dengan pukulan berbobot. Keith seperti Margarito," kata Pacquiao.

 

2 of 2

Belum Berniat Pensiun

Manny Pacquiao
Petinju Manny Pacquiao (kanan) melancarkan pukulan ke arah Keith Thurman dalam pertarungan gelar tinju Super World kelas Welter WBA di MGM Garden Arena, Las Vegas, Sabtu (20/7/2019). Manny Pacquiao merebut sabuk juara WBA Super kelas welter dengan skor 115-112, 115-112, dan 113-114. (AP/John Locher)

Thurman seperti termakan kata-katanya sendiri saat bertemu Pacquiao. Sebab sebelumnya, dia sempat mengolok-olok Pacquiao dengan sebutan hewan purba, T-Rex. Ini mengacu kepada usia Pacquiao yang sudah memasuki 40 tahun atau 10 tahun lebih tua darinya. 

Pacquiao sendiri belum berpikir untuk gantung sarung tinju. Sebaliknya, petinju pound to pound terbaik itu masih ingin melanjutkan kariernya sebagai petinju profesional. 

"Saya masih bisa bertanding dan bertarung dengan baik. Kemampuan yang saya punya. Tuhan memberi saya kekuatan ini. Saya di sini untuk menginspirasi fans," kata Pacquiao.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

Lanjutkan Membaca ↓