Persija dan Madura United Gelar Uji Coba Internasional, PSSI Dijatuhi Sanksi AFC

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 19 Jul 2019, 22:00 WIB
Diperbarui 19 Jul 2019, 22:00 WIB
AFC
Perbesar
AFC menjatuhkan sanksi denda kepada PSSI. (Bola.com/Dok. AFC)

Jakarta - AFC menghukum PSSI denda sebesar 2.000 dolar AS atau setara Rp27 juta menyusul uji coba Persija Jakarta dan Madura United melawan Selangor FA. 

Dua partai uji coba itu bergulir pada September 2018. AFC menilai pertandingan persahabatan tersebut menyalahi regulasi yang mengatur perihal pertandingan internasional, tepatnya pasal 11.10.

Pasal 11.10 Regulasi AFC yang mengatur pertandingan internasional berbunyi, "Setiap tim yang bertanding harus meminta persetujuan dari federasinya. Setelah diterima, tim yang bertanding melapor ke federasi tuan rumah. Federasi tuan rumah perlu mengajukan persetujuan akhir kepada AFC selambat-lambatnya 14 hari sebelum pertandingan digelar."

Untuk masing-masing partai uji coba, AFC mendenda PSSI 1.000 dollar AS. Lantaran ada dua pertandingan uji coba internasional yang menyalahi regulasi, maka denda untuk PSSI menjadi 2.000 dollar AS.

PSSI harus membayar denda itu paling lambat 30 hari setelah putusan keluar. Adapun, hasil sidang Komite Disiplin dan Etik AFC itu terbit pada 12 Juli 2019, dan dirilis ke publik pada Selasa (16/7/2019).

Dalam keputusannya, AFC juga mengingatkan PSSI untuk tidak mengulang pelanggaran yang serupa. "PSSI diberitahu bahwa pengulangan pelanggaran mendapat dihukum dengan hukuman yang lebih berat," tulis AFC, yang diunggah dalam situs resmi.

 

Sumber: Bola.com