Misi Bangkit Persija Kala Hadapi PSM di Final Piala Indonesia

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 17 Jul 2019, 13:50 WIB
Diperbarui 18 Jul 2019, 10:15 WIB
Tira Persikabo vs Persija Jakarta

Jakarta Persija Jakarta takluk 3-5 dari Tira Persikabo pada pertandingan pekan kesembilan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (16/7/2019).

Namun, Pelatih Persija Jakarta, Julio Banuelos, menjamin tim asuhannya siap bangkit dalam laga final Piala Indonesia 2018 melawan PSM Makassar.

"Tim memang kalah, tentunya saya sedih karena itu terjadi. Tapi, kami tidak boleh terlalu larut dalam kesedihan. Kami harus bangkit lagi karena pada tanggal 21 Juli akan melakoni pertandingan final," kata Banuelos seusai pertandingan melawan Tira Persikabo.

"Intinya, kami harus melupakan yang sudah terjadi. Sekarang kami fokus untuk pertandingan berikutnya. Pelatih dan semua pemain yang di lapangan maupun yang absen, harus bangkit," imbuh pelatih asal Spanyol itu.

Banuelos meminta pemain untuk memetik pelajaran dari kekalahan 3-5 melawan Tira Persikabo. Banuelos berharap hal semacam ini tidak terulang saat melawan PSM.

"Seperti yang sudah saya bilang, kekalahan adalah cara untuk mempelajari pertandingan. Kesalahan yang terjadi tidak boleh terulang lagi supaya kami siap tampil di final," tuturnya.

Persija Jakarta lebih dulu menjamu PSM di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta (21/7/2019). Setelah itu, giliran Macan Kemayoran yang bertandang ke Stadion Andi Mattalata Matoangin, Makassar (28/7/2019).

2 of 2

Posisi Persija di Klasemen Shopee Liga 1

Tira Persikabo Vs Persija Jakarta
Tira Persikabo mengalahkan Persija Jakarta 5-3 dalam pekan kesembilan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (16/7/2019). (Bola.com/Yoppy Renato)

Dalam laga melawan Tira Persikabo, Persija sebenarnya unggul lebih dulu melalui aksi Marko Simic pada menit ketujuh.

Namun, Tira Persikabo berhasil mencetak gol penyeimbang dan membalikkan keadaan menjadi 3-2 melalui gol Loris Arnaud (8'), Osas Saha (22'), dan Rifad Marasabessy (64'). Sedangkan gol tambahan Persija dicetak Simic melalui penalti  (32').

Pada babak kedua, Tira Persikabo menambah dua gol lagi melalui Osas Saha (64') dan Ciro Alves (59'-penalti), sementara Persija hanya mampu memperkecil ketertinggalan melalui penalti Simic pada menit ke-71.  

Kekalahan ini membuat Persija turun ke zona merah, yakni peringkat ke-16 dengan raihan enam poin. Kekalahan ini menjadi yang ketiga dalam tujuh pertandingan yang sudah dimainkan pada Shopee Liga 1 2019.

Lanjutkan Membaca ↓