MotoGP: Repsol Honda Tepis Kabar Bakal Depak Jorge Lorenzo

Oleh Liputan6.com pada 17 Jul 2019, 11:35 WIB
Diperbarui 17 Jul 2019, 12:17 WIB
Jorge Lorenzo

Liputan6.com, Tokyo - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, tak memungkiri bahwa pebalapnya, Jorge Lorenzo, kesulitan beradaptasi dengan motor RC213V di MotoGP musim ini. Meski begitu, Puig membantah bahwa pihaknya akan mendepak rider 32 tahun tersebut akhir tahun nanti. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya dengan El Confidencial.

Sejak bergabung dengan Honda, hasil terbaik Jorge Lorenzo hanyalah finis ke-11 di Le Mans, Prancis. Meski begitu, kegigihan Por Fuera untuk bangkit sama sekali tak bisa diragukan. Usai balapan di Mugello, Italia, ia bahkan rela menemui para teknisi dan insinyur Honda di markas mereka yang ada di Jepang.

Lorenzo pun mulai nyaman di atas RCV dalam pekan balap di Catalunya, Spanyol. Sempat duduk di posisi 4, sayangnya ban depannya selip pada Lap 2, serta membawa tiga rider lain jatuh dan gagal finis bersamanya. Tren positif ini juga gagal ia tunjukkan di Assen, Belanda, usai terjatuh pada sesi latihan pertama.

"Jorge memang sulit beradaptasi, ditambah kesialan yang ia dapat akibat kecelakaan yang menyebabkan cedera, seperti di Qatar, uji coba Montmelo, dan Assen. Tahun ini sangat sulit baginya, itu sudah jelas, tapi kami akan menunggunya sampai ia sembuh dan kembali di Brno dengan harapan baru," ungkap Puig.

Puig pun menegaskan bahwa pihaknya masih menaruh rasa percaya yang tinggi pada sang lima kali juara dunia, terbukti dari kemampuannya bangkit usai terpuruk selama 1,5 tahun pertama di Ducati tahun lalu. Honda akan bersabar menanti Lorenzo sampai ia benar-benar mampu menjinakkan RCV.

"Kita tahu proses adaptasi bisa rumit, dan proses ini sangat berat bagi Jorge Lorenzo. Tapi kami masih percaya pada potensinya, dan kita tahu ia seorang juara," paparnya.

 

2 of 3

Kondisi Fisik

Alberto Puig
Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig. (Istimewa)

"Yang harus ia lakukan adalah memperbaiki kondisi fisik, lalu meneruskan adaptasi sampai ia nyaman. Bakal sukses atau tidak, itu tergantung dirinya sendiri," ujar Puig.

Dalam wawancara ini, Puig juga membantah bahwa pihaknya akan mendepak Lorenzo pada akhir musim, usai mereka digosipkan tengah mendekati Cal Crutchlow, Takaaki Nakagami, dan bahkan Alex Marquez untuk menggantikannya.

3 of 3

100 Persen Profesional

"Jorge punya kontrak sampai akhir 2020. Repsol Honda adalah tim yang serius dan 100 persen profesional dan tak pernah mengingkari komitmen," pungkas eks manajer pribadi Dani Pedrosa ini.

Lorenzo yang saat ini berada di peringkat 16 pada klasemen pembalap MotoGP dengan 19 poin, masih dalam tahap pemulihan cedera retak tulang belakang T6 dan T8 akibat kecelakaan di Assen, dan diharapkan kembali dalam pekan balap di Brno, Ceko, 2-4 Agustus 2019.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓