Sukses

Indonesia Open 2019: Ginting Susah Payah Kalahkan Pemain Tiongkok

Anthony Sinisuka Ginting harus bermain tiga gim selama satu jam 18 menit untuk melangkah ke babak kedua Indonesia Open 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Anthony Sinisuka Ginting menyusul Jonatan Christie lolos ke babak kedua Indonesia Open 2019. Namun, Ginting harus kerja keras setelah bermain tiga gim selama satu jam 18 menit melawan pemain Tiongkok, Lu Guang Zu, di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Melawan Guang Zu di babak pertama Indonesia Open 2019, Ginting kalah 20-22 pada gim kesatu. Pertandingan berjalan seru sejak awal karena terjadi susul-menyusul poin.

Guang Zu baru lepas dari kejaran Ginting selepas angka menyentuh 16-16. Tapi, Ginting memperpanjang nafas dan menahan poin Guang Zu di angka 20.

Sayang, usai menyamakan skor, Ginting justru merelakan dua poin penentuan menjadi milik Guang Zu. "Gim pertama memang cukup ketat. 16 sama, ada tiga poin berturut-turut dia bisa mengejar," kata Ginting usai pertandingan.

Pada gim kedua, jalannya pertandingan sedikit berbeda. Kali ini, Giliran Ginting yang mendikte permainan Guang Zu dan unggul empat poin 18-14.

Guang Zu tak menyerah dan sempat menyamakan kedudukan 20-20. Tapi, Ginting enggan mengulang kesalahan di gim pertama dan akhirnya menang 23-21 untuk menjaga asanya di Indonesia Open 2019.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gim Penentuan

Situasi serupa terjadi pada gim penentuan. Setelah tertinggal 1-6, Ginting menyamakan kedudukan dan berbalik unggul 18-10 atas Guang Zu.

Guang Zu membuat seisi Istora tegang setelah menyamakan skor 18-18. Dewi Fortuna akhirnya memihak Ginting dan menang 21-18 atas Guang Zu.

Ginting mengatakan, Guang Zu tampil berbeda di duel kali ini dibandingkan pertemuan pertama. Namun ia menilai, Guang Zu punya karakteristik khas pemain Tiongkok.

"Pemain Tiongkok ulet dan jarang melakukan kesalahan sendiri," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Bertemu Pemain Thailand

Di putaran kedua, Ginting akan menghadapi pemain Thailand, Kanthaphon Wangcharoen. Kanthaphon lolos setelah mengalahkan pemain Jepang, Kanta Tsuneyama, lewat pertarungan tiga gim, 21-19, 19,-21, 21-17.

"Dia (Kanthaphon, red) pekerja keras. Mental dan pikiran lebih disiapkan jangan buru-buru dimatikan," ujar Ginting mengakhiri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.