Final Wimbledon: Federer Harus Lakukan Ini untuk Kalahkan Djokovic

Oleh Defri Saefullah pada 14 Jul 2019, 05:30 WIB
Diperbarui 14 Jul 2019, 05:30 WIB
Roger Federer
Perbesar
Roger Federer mengejar bola pada laga babak pertama Wimbledon 2019 melawan Lloyd Harris. (AFP/Glyn Kirk)

Liputan6.com, Wimbledon- Petenis Swiss, Roger Federer harus meningkatkan levelnya saat menghadapi juara bertahan Novak Djokovic pada laga final putra Wimbledon di Centre Court hari ini, Minggu (14/7/2019). Ini yang dibutuhkan Federer untuk meraih gelar kesembilan di Wimbledon.

Federer,37 tahun, tampil fenomenal untuk lolos ke final Wimbledon kala kalahkan Rafael Nadal di semifinal. Meski begitu, Djokovic lawan yang berbeda. 

Petenis 32 tahun ini kini berada di ranking 1 dunia. Dia juga mengincar gelar kelimanya di Wimbledon.

"Djokovic pemain yang hebat. Ini bakal menjadi tugas yang sulit bagi Federer," kata juara Wimbledon tiga kali, John McEnroe seperti dikutip BBC.

Djokovic memang sedang panas belakangan ini. Bagaimana tidak, dia memenangkan tiga dari empat gelar Grand Slams baru-baru ini. Apakah Djokovic bisa mempertahankan gelar Wimbledon tahun ini?

 

 

2 dari 3 halaman

Naikkan Level

Novak Djokovic
Perbesar
Petenis Serbia, Novak Djokovic merayakan kemenangannya atas petenis AS, Denis Kudla pada babak kedua Wimbledon di All England Lawn Tennis Club, London, Kamis (4/7/2019) dini hari. Petenis nomor satu dunia itu menang straight set 6-3, 6-2, 6-2 atas Denis Kudla. (AP Photo/Tim Ireland)

Sedangkan Federer memenangkan gelar Grand Slams terakhir pada Australia Terbuka 2018 lalu. Meski begitu, Federer merupakan pengoleksi gelar terbanyak di Wimbledon, 8 kali.

Dia akan menyamai rekor Martina Navratilova kalau bisa kalahkan Djokovic yaitu 9 kali juara Wimbledon. Ini pertama kali sejak 2015 dimana unggulan pertama dan kedua jumpa di final.

Keduanya sudah saling berjumpa sebanyak 48 kali di karier mereka. Hanya Federer vs Nadal yang bisa kalahkan jumlah pertemuan itu.

"Kita tahu betapa hebatnya dia dimanapun, utamanya di sini. Rumput di sini sangat cocok dengan gaya main dia," kata Djokovic.

"Dia senang main cepat. Dia bisa menguras tenaga lawan."

3 dari 3 halaman

Kekuatan Djokovic

Sementara itu, Federer menilai Djokovic punya kekuatan saat mengambil bola di sisi kiri.

"Itulah kekuatan dia, mempertahankan bola di sisi itu. Inilah yang membuat dia memenangkan banyak pertandingan dan trofi," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓