Sukses

Hantam Semen Padang, Tira Persikabo Tempel Bali United di Puncak Klasemen Shopee Liga 1

Kemenangan atas Semen Padang membuat Tira Persikabo naik ke peringkat dua klasemen sementara Shopee Liga 1 dengan raihan 15 poin,

Jakarta - PS Tira Persikabo sukses memetik kemenangan 3-1 atas Semen Padang di laga tunda pekan keempat Shopee Liga 1 2019, di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Senin (8/7/2019). Ciro Alves tampil gemilang dengan mencetak satu gol dan satu assist.

Kemenangan ini membuat Tira Persikabo naik ke peringkat dua klasemen sementara dengan raihan 15 poin, selisih 1 angka dari Bali United di puncak klasemen Shopee Liga 1. Adapun Semen Padang semakin terpuruk dan turun ke posisi 16 klasemen dengan koleksi 3 poin.

Berstatus sebagai tim tamu, Tira Persikabo berhasil menekan sejak awal babak pertama. Tak butuh waktu lama, pasukan Rahmad Darmawan sudah berhasil unggul melalui gol Ciro Alves pada menit ke-17.

Berawal dari umpan terobosan Osas Saha, Ciro Alves kemudian menggiring bola dengan mengecoh dua bek Semen Padang. Pemain asal Brasil itu kemudian melepaskan tendangan mendatar ke pojok kanan gawang Semen Padang kawalan Teja Paku Alam.

Publik tuan rumah kemudian dikejutkan kembali melalui gol kedua Tira Persikabo pada menit ke-34. Kali ini giliran Loris Arnaud yang mencatatkan namanya di papan skor Shopee Liga 1. Loris sukses memaksimalkan umpan Ciro Alves dengan sundulan ke arah pojok kiri bawah gawang Semen Padang.

Pada menit ke-43, wasit memberikan hadiah tendangan penalti untuk Tira Persikabo. Berawal dari tendangan bebas, Andy Setyo menyundul bola yang mengenai tangan Dedi Gusmawan.

Sayang, Manahati Lestusen yang menjadi eksekutor gagal melakukan tugasnya. Bola sepakan penaltinya terlalu lemah sehingga berhasil ditepis Teja Paku Alam. Skor 2-0 untuk keunggulan Tira Persikabo bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua, Semen Padang berusaha untuk menekan Tira Persikabo sejak awal. Beberapa tekanan pun dilancarkan ke lini pertahanan Kabau Sirah, namun masih berhasil dibendung barisan pertahanan Tira Persikabo.

Keasyikan menyerang, gawang Semen Padang justru kembali kebobolan pada menit ke-64. Menerima umpan panjang Parfait Essengue, Wawan Febrianto kemudian melepaskan tendangan mendatar yang merobek pojok kiri gawang Semen Padang.

Pada menit ke-71, Semen Padang akhirnya mampu memecah kebuntuan melalui aksi Irsyad Maulana. Memanfaatkan umpan silang Fridolin Yoku, Irsyad Maulana yang berdiri bebas di depan gawang langsung melepaskan tembakan ke gawang Tira Persikabo.

Di sisa waktu, Semen Padang berusaha menambah gol melalui sejumlah peluang. Namun, peluang yang dihasilkan masih mampu diantisipasi barisan pertahanan Tira Persikabo. Sampai peluit panjang, tak ada gol tambahan di pertandingan yang disiarkan di O Channel ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susunan pemain

Semen Padang (4-3-3): Teja Paku Alam (kiper), Agung Prasetyo, Dedi Gusmawan, Muhammad Rifqi, Shukurali Pulatov (belakang), Boas Atururi, Rosad Setiawan, Fridolin Yoku (tengah), Jose Sardon, Irsyad Maulana, Karl Max Barthelemy (depan)

Pelatih: Syafrianto Rusli (Indonesia)

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputra (kiper), Andy Setyo, Khurshed Beknazarov, Rifad Marasabessy, Abduh Lestaluhu (kiper), Parfait Essengue, Manahati Lestusen, Osas Saha (tengah), Wawan Febrianto Ciro Henrique, Loris Arnaud (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan (Indonesia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.