Copa America 2019: Argentina Peringkat Ketiga, Messi Terancam Hukuman 2 Tahun

Oleh Marco Tampubolon pada 08 Jul 2019, 13:00 WIB
Ekspresi Lionel Messi Saat Mendapat Kartu Merah di Copa America

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi babak belur di Copa America 2019. Alih-alih membawa pulang gelar, pemain Barcelona itu justru terancam sanksi larangan tampil selama dua tahun dari CONMEBOL.

Messi belum juga mampu mengakhiri paceklik gelarnya bersama Timnas Senior Argentina. Pada Copa America 2019, langkah Messi meraih gelar juara terhenti setelah di babak semifinal kalah 0-2 dari Brasil. Namun skuat Albiceleste berhasil mengamankan posisi ketiga usai mengalahkan Chile dengan skor 2-1 di Corinthians Arena, Minggu (7/7/2019). 

Messi menjadi tumbal dalam kemenangan ini. La Pulga diganjar kartu merah oleh wasit. Satu pemain Chile, G Medel juga bernasib sama diusir wasit dari lapangan pertandingan.  

Seperti dilansir AS, Messi menolak menerima medali tempat ketiga sebagai bentuk protes. Di area mixed zone, dia juga meluapkan kekesalannya dengan menuding wasit terlibat korupsi. Dia juga menyebut, Copa America telah diatur sedemikian rupa untuk memenangkan Brasil. 

"Berharap wasit dan VAR tidak terpengaruh dengan hal-hal itu dan mereka membiarkan Peru berkompetisi, tapi saya pikir itu hal yang mustahil," kata Messi kepada wartawan. 

 

 

2 of 3

Bukan Kali Pertama

Wajah Lesu Messi Usai Argentina Dihajar Brasil
Penyerang Argentina Lionel Messi memegang kepalanya saat meninggalkan lapangan usai kalah dari Brasil dalam semifinal Copa America 2019 di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, Selasa (2/7/2019). Brasil lolos ke final Copa America 2019 setelah mengalahkan Argentina 2-0. (AP Photo/Nelson Antoine)

Bukan kali ini saja Messi marah-marah kepada wasit. Sebelumnya, Messi juga menyumpahi wasit omong kosong setelah Argentina kalah 0-2 dari Brasil di babak semifinal. Messi berpikir bahwa komentar ini telah mempengaruhi pengadil lapangan saat mengusirnya dari lapangan.

 

3 of 3

Terancam Hukuman 2 Tahun

Ekspresi Lionel Messi Saat Mendapat Kartu Merah di Copa America
Ekspresi penyerang Argentina, Lionel Messi setelah menerima kartu merah dari wasit Mario Diaz selama pertandingan melawan Chile di Copa America 2019 di Arena Corinthians, Brasil (6/7/2019). Kartu Merah yang diterima Messi adalah yang kedua sepanjang kariernya. (AP Photo/Victor R. Caivano)

CONMEBOL sebagai penyelenggara Copa America tentu saja terusik mendengar pernyataan Messi. Mereka juga tidak tinggal diam dan segera mengkaji hukuman bagi La Pulga. 

"Tuduhan itu menggambarkan kurangnya rasa hormat terhadap kompetisi yang melibatkan pemain sepak bola dan ratusan tenaga profesional CONMEBOL, institusi yang sejak 2016 berusaha keras transparan, profesional, mengembangkan sepak bola Amerika Selatan."

Sejauh ini, belum ada keterangan resmi terkait hukuman yang bakal menimpa Messi. Namun sesuai aturan yang berlaku, Messi terancam larangan memperkuat Timnas Argentina selama dua tahun. Ini berarti, Lionel Messi bakal absen pada kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 dan juga Copa America 2020 yang akan berlangsung di Argentina dan Kolombia. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓