Sukses

Seperti Fernando Torres, 5 Pemain Bintang yang Akhiri Karier di Klub Kecil

Pemain-pemain bintang seperti Fernando Torres harus mengakhiri karier di klub kecil setelah berkelana ke beberapa klub besar di Eropa, siapa saja mereka?

Jakarta Fernando Torres belum lama ini mengumukan keputusan untuk pensiun dari sepak bola. Setelah sukses baik di level klub maupun timnas, Torres harus menjalani akhir karier di klub kecil.

Fernando Torres mengawali karier di Atletico Madrid, klub yang membesarkan namanya. Di sini, dia mendapatkan julukan El Nino atau si Bocah dari fans. 

Setelah itu, dia melanglang buana ke sepak bola Inggris dan Italia. Dia sempat memesona di Liverpool sebelum melempem bersama Chelsea.

Sejak berkarier di Inggris inilah, Fernando Torres mulai alami penurunan. Sindom bintang mulai menyerangnya saat dia sulit mencetak gol untuk tim yang dibelanya.

Dia sempat pindah ke AC milan tapi sulit berkembang. Dia pun pulang ke rumah bersama Atletico Madrid namun produktivitasnya tidak seperti dulu.

Sebelum pensiun, Fernando Torres terdampar di klub Jepang entah berantah, Sagan Tosu.Selain  Fernando Torres, ada lima pemain bintang lain yang mengakhiri kariernya di klub kecil, seperti yang dikutip dari situs Sportskeeda. Siapa saja mereka?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Eric Djemba-Djemba

Eric Djemba-Djemba adalah pemain berpaspor Kamerun yang sempat direkrut Manchester United pada bursa transfer musim panas 2003. Kala itu, Djemba-Djemba yang berposisi sebagai gelandang diproyeksikan Pelatih Man United, Sir Alex Ferguson, untuk menggantikan Roy Keane.

Namun, harapan tak berjalan sesuai dengan kenyataan karena performa Djemba-Djemba justru menurun drastis. Djemba-Djemba pun akhirnya dilepas Man United pada musim dingin 2005.

Selepas itu, Djemba-Djemba mulai keliling dunia untuk melanjutkan karier. Pemain berusia 38 tahun itu kini tercatat sebagai pemain dari klub amatir Swiss, FC Vallorbe-Ballaigues.

3 dari 6 halaman

Paul Merson

Paul Merson adalah nama yang cukup terkenal di Inggris terutama untuk Arsenal.

Merson merupakan didikan asli akademi Arsenal yang pernah menjadi tulang punggung The Gunners. Selain Arsenal, Merson pun pernah membela tim-tim ternama Inggris lainnya yakni Middlesbrough, Aston Villa dan Porsmouth.

Namun, Merson tercatat membela dua klub kecil Wales menjelang akhir kariernya. Klub Wales pertama yang dibela Merson adalah Welshpool yang bermain di kasta ketiga Liga Wales dari 2012-2017.

Usai itu, Merson pindah ke klub Wales lainnya, Caerau Ely FC,yang bermain di kasta kelima Liga Wales sebelum memutuskan pensiun.

4 dari 6 halaman

Edwin Van Der Sar

Edwin Van Der Sar adalah penjaga gawang hebat yang meraih kesuksesan saat membela Ajax Amsterdam, Manchester United serta Timnas Belanda. Sang kiper memutuskan pensiun pada 2011 dalam balutan seragam Manchester United.

Namun,Van der Sar mau kembali bermain pada 2016 ketika penjaga gawang klub kasta keempat Liga Belanda, Belanda VV Noordwijk, mengalami cedera.

Noordwijk adalah klub Van der Sar kala kecil. Van der Sar hanya memainkan satu pertandingan saja untuk Noordwijk tetapi ia tampil amat apik. Van der Sar membuat satu penyelamatan penalti sehingga Noordwijk meraih hasil imbang 1-1.

5 dari 6 halaman

Edgar Davids

Edgar Davids adalah salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki Timnas Belanda. Kelihaian Davids membuat ia pernah membela tim-tim besar seperti Ajax, Milan, Juventus, Barcelona, Inter Milan dan Tottenham Hotspur.

Kendati demikian, Davids harus mengakhiri kariernya yang gemilang di klub kasta kedua Liga Inggris, Barnet. Davids direkrut Barnet pada musim dingin 2012 guna menjalankan peran ganda sebagai pemain dan pelatih di Barnet. Davids berhenti dari peran gandanya di Barnet sekaligus pensiun pada 5 Januari 2014.

6 dari 6 halaman

Socrates

Socrates adalah salah satu pemain terhebat yang pernah dimiliki Timnas Brasil. Socrates tercatat pernah membela klub-klub besar Liga Brasil seperti Botafogo, Corinthians, Flamengo dan Santos. Kapten Timnas Brasil di Piala Dunia 1982 itu juga pernah bermain untuk Fiorentina di Liga Italia.

Socrates memutuskan pensiun pada 1 Januari 1990 tetapi ia memutuskan kembali bermain sepakbola pada 2004. Pria berpaspor Brasil itu bermain untuk Garforth Simon Clifford di kasta kesembilan Liga Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.