Copa America 2019: Tekuk Cile, Peru Tantang Brasil di Partai Final

Oleh Luthfie Febrianto pada 04 Jul 2019, 09:39 WIB
Peru Copa America

Liputan6.com, Gremio - Peru menyusul Brasil ke final Copa America 2019 setelah menumbangkan juara bertahan Cile 2-0 pada partai yang berlangsung Kamis (4/7/2019) di Gremio Arena. Dua gol Peru masing-masing dipersembahkan Edison Flores (21') dan Yoshimar Yotun (38').

Peru sejatinya tak diunggulkan untuk masuk ke final. Pasalnya, Cile yang jadi lawan mereka adalah juara bertahan Copa America 2019 dua kali beruntun.

Selain itu, Cile juga punya materi pemain yang lebih mentereng ketimbang Peru. Tim asuhan Reinaldo Rueda ini diperkuat Alexis Sanchez, Arturo Vidal, dan Gary Medel.

Namun demikian Peru ternyata tak gentar. Pasukan Ricardo Gareca unggul pada menit ke-21 setelah Edison Flores memaksimalkan umpan Andre Carrillo.

Tertinggal satu gol, Cile mencoba menaikkan tempo permainan. Sayangnya, gawang mereka justru kembali bobol pada menit ke-38.

Andre Carrillo lagi-lagi menjadi sosok kunci terciptanya gol Peru. Umpan Carillo membuat Yoshimar Yotun menciptakan gol lagi-lagi ke arah kanan bawah gawang Cile.

Babak pertama berakhir dengan kedudukan 2-0 untuk Peru. Cile pun mau tak mau harus menciptakan gol di babak kedua demi menghidupkan asa ke partai final Copa America 2019.

 

 

2 of 3

Babak Kedua

Copa America 2019 Logo 2
Copa America 2019 Logo(Bola.com/Adreanus Titus)

Cile langsung tancap gas di awal babak kedua. Peluang pertama diperoleh lewat Sanchez pada menit ke-47 namun belum juga menciptakan gol.

Cile lagi-lagi mendapat peluang emas di menit ke-51. Kali ini, giliran tiang gawang yang menggagalkan tendangan Eduardo Vargas.

Peru benar-benar tak punya banyak peluang di babak kedua. Pasalnya, Cile menyerang pertahanan mereka habis-habisan.

Gempuran ke gawang Peru membuat pertahanan mereka terbuka. Hal ini ternyata dengan jeli dimanfaatkan Peru untuk kembali membobol gawang Cile lewat Paolo Guerrero di menit 90.

Hingga akhir pertandingan, hasil 3-0 untuk Peru tak berubah.

3 of 3

Susunan Pemain

Cile: Arias, Beausejour, Pulgar, Medel, Isla, Aranguiz, Sanchez, Vidal, Sagal, Castillo, Vargas.

Peru: Gallese, Advincula, Zambrano, Abram, Trauco, Tapia, Polo, Ballon, Yotun, Gonzales, Guerrero.

Lanjutkan Membaca ↓