Sukses

MotoGP: Pembalap Suzuki Mengaku Gugup Dikuntit Marc Marquez

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, mengaku terbebani ketika dibuntuti oleh Marc Marquez dari Repsol Honda di MotoGP Belanda.

Liputan6.com, Assen - Sebelum Fabio Quartararo memimpin selama 12 lap di MotoGP Belanda akhir pekan lalu, Joan Mir adalah debutan yang lebih dulu berada di depan, yakni usai tandemnya di Suzuki Ecstar, Alex Rins terjatuh. Sayangnya, kepemimpinan Mir dalam balapan tersebut hanya bertahan selama 7 tikungan.

Rins yang terjatuh di Tikungan 9 pada Lap 3 MotoGP Belanda, membuat Mir mengambil alih pimpinan balap. Sayang, ban depannya selip di beberapa tikungan setelahnya. Alhasil, Quartararo, Maverick Vinales, dan Marc Marquez kompak menyalipnya sekaligus di Tikungan 15.

"Saya tak panik, tapi situasinya rumit. Alex jatuh di Tikungan 9. Saya sempat goyah karena mengerem tepat di titik pengereman Alex. Ban depan saya juga selip di Tikungan 12, dan lagi di Tikungan 15. Saya pun berpikir, mungkin saatnya berhenti ngotot. Jika tidak, saya tak bisa bertahan satu lap lagi," ujarnya lewat GPOne.

Usai tersalip, Mir memutuskan berkendara lebih tenang demi menghemat ban. Ia bertarung di grup kedua, bersama duet pembalap Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci. Saat balapan menyisakan tiga lap, ia pun tersalip oleh Franco Morbidelli dan Cal Crutchlow. Mir pun harus puas finis di posisi 8 MotoGP Belanda.

"Para rider Ducati punya akselerasi yang sangat baik. Saya sangat tak puas soal dua lap terakhir, karena ban saya aus. Meski begitu saya senang karena saya bisa ikut bertarung sengit. Saya coba berkendara sehalus mungkin dan bahkan harus melamban demi menghemat ban. Ini semua pengalaman baru bagi saya," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Malu-Malu

Rider 21 tahun ini pun tak malu-malu mengakui dirinya cukup gugup saat dibuntuti rider sekaliber Marc Marquez. Ia terlalu terbiasa bertarung dengan Romano Fenati dan Jorge Navarro saat masih turun di Moto3 dan Moto2, hingga dibuntuti Marquez memberi sensasi tersendiri.

"Saya agak gugup. Sebelumnya saya terbiasa bertarung dengan Romano Fenati dan Jorge Navarro saat saya memimpin balapan, sementara di Assen ada Marc Marquez di belakang saya. Rasanya agak berbeda dan hal ini memberi beban," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Koleksi 30 Poin

Menjelang MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring akhir pekan nanti, Mir tengah berada di peringkat 14 pada klasemen pembalap dengan koleksi 30 poin, hanya tertinggal 1 poin dari rider Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro di peringkat 13.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.