Sukses

2 Hari Bursa Transfer Pemain, Perputaran Uang Tembus Rp35 Triliun

Serie A masih tercatat sebagai tim paling aktif dalam bursa transfer musim panas dengan 71 perpindahan pemain.

Liputan6.com, Jakarta Bursa transfer pemain musim panas tahun ini baru berlangsung selama dua hari. Namun uang yang berputar di lima liga top Eropa sudah di atas 2,2 miliar euro. Bila dirupiahkan dengan nilai kurs Rp15.971, totalnya hampir menyentuh angka Rp 35 Triliun. 

Situasi ini tentu saja tidak lepas dari keinginan klub-klub dalam membenahi kekuatannya untuk menghadapi ketatnya persaingan musim depan. Posisi penyerang masih jadi buruan favorit tim-tim yang berlaga di Serie A, Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Bundesliga. 

Lantas seperti apa penyebarannya? 

Dikutip Marca, sejauh ini sudah 250 pemain yang berpindah klub. Serie A jadi kompetisi paling aktif pada bursa transfer dengan total prpindahan sebanyak 71 pemain. Disusul La Liga dengan 61 pemain. Sedangkan Bundesliga berada di urutan ketiga dengan 59 pemain. 

Meski demikian, La Liga berada di urutan teratas jumlah perputaran uang hingga saat ini, yakni sebesar 681 euro. Ini tidak lepas dari pembelian yang dilakukan Real Madrid terhadap Rodrygo Goes, Eder Militao, Eden Hazard, Luka Jovic, dan Ferland Mendy yang mencapai angka 303 juta euro. Los Blancos pun untuk sementara menjadi tim paling boros. 

Di susul tim asal Bundesliga, Bayern Munchen yang telah menggelontorkan dana sebesar  118 juta euro. Sedangkan Barcelona berada di peringkat ketiga dengan 113 juta euro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hazard Termahal

Mudah ditebak, Eden Hazard masih memimpin pembelian termahal musim ini. Pemain Belgia itu diboyong Real Madrid dari Chelsea seharga 100 juta euro plus variabel 30 juta euro. 

Sementara di urutan kedua ditempati Lucas Hernandez. Pemain asal Prancis tersebut diboyong dari Atletico Madrid oleh Bayern Munchen dengan harga mencapai 80 juta euro. 

Rival Real Madrid, Barcelona juga tidak ketinggalan. Tim asal Catalunya itu baru saja memboyon Frenkie de Jong dengan harga 75 juta euro. Sementara Aaron Wan-Bissaka jadi pemain termahal di Premier League setelah dibeli Manchester United seharga 55 juta euro. 

Bursa transfer musim panas baru berakhir berakhir 8 Agustus 2019. Jumlah pemain yang pindah masih terus meningkat. Begitu juga dengan nilai transfer akan semakin melambung. 

 

3 dari 3 halaman

Data Penyebaran Pemain

Penyebaran pemain hingga hari kedua bursa tranfer musim panas: 

Jumlah yang pindah : 250 pemain

Total nilai transfer: 2,2 miliar euro

Rincian :

La Liga: 681 juta euro

Serie A: 481 juta euro

Premier League: 469 juta euro

Bundesliga: 399 juta euro

Ligue 1: 78 juta euro

 

Penyebaran pemain:

Serie A: 71 pemain

La Liga: 61 pemain

Bundesliga: 59 pemain

Premier League: 33 pemain

Ligue 1: 32 pemain

 

Pemain Termahal: 

Eden Hazard (Real Madrid): 100 juta euro + 30 juta euro

Lucas Hernandez (Bayern Munchen): 80 juta euro

Frenkie de Jong (Barcelona): 75 juta euro 

Aaron Wan-Bissaka (Manchester United): 55 juta euro

Kostas Manolas (Napoli) : 36 juta euro

Pablo Sarabia (Sevilla) : 20 juta euro

 

Posisi Paling Diminati

Penyerang: 83 pemain

Bek : 82 pemain

Gelandang: 58 pemain

Kiper: 26 pemain

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.