Sukses

3 Hal Ini Bisa Ditawarkan Wan-Bissaka kepada MU

Manchester United (MU) sudah mendapatkan pengganti Antonio Valencia untuk posisi bek kanan. Aaron Wan-Bissaka diboyong MU dari Crystal Palace.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) sudah mendapatkan pengganti Antonio Valencia untuk posisi bek kanan. Adalah bek Crystal Palace, Aaron Wan-Bissaka yang diboyong MU pada bursa transfer musim panas ini.

Setan Merah -julukan MU- mendatangkan Wan-Bissaka dengan harga 50 juta pound sterling atau Rp 894 miliar. Menurut situs transfermarkt, Wan-Bissaka terikat kontrak bersama MU hingga Juni 2024.

Keputusan membeli Wan-Bissaka tak terlepas dari masalah MU di lini belakang. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer tercatat kebobolan 54 gol di Liga Inggris musim lalu.

Jumlah itu merupakan yang terbanyak dibanding lima tim penghuni enam besar lainnya. Catatan kebobolan itu akhirnya berdampak kepada hasil pertandingan MU.

Di akhir musim, MU akhirnya hanya bisa finis di peringkat keenam. Alhasil, mereka gagal masuk ke Liga Champions musim depan.

Kedatangan Wan-Bissaka tentunya diharap bisa menambal lubang di lini belakang itu. Namun sebagai bek kanan, Wan-Bissaka sejatinya masih punya beberapa hal lain yang bisa diberikan kepada MU.

Berikut setidaknya tiga hal yang bisa ditawarkan Wan-Bissaka untuk MU

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Serangan dari Sisi Sayap

Sebagai bek kanan, tugas Wan-Bissaka tentu tak hanya membantu pertahanan. Bek berusia 21 tahun ini juga bertugas menyuplai bola-bola matang ke lini serang terutama dari sektor sayap.

Menurut catatan Whoscored, Wan-Bissaka membuat tiga assists di musim lalu bagi Crystal Palace. Jumlah tersebut merupakan yang keempat terbanyak di antara pemain Palace lainnya.

Selain itu, Wan-Bissaka juga merupakan pemain yang paling sering menggiring bola di Palace. Ia hanya kalah dari Wilfried Zaha yang mencatatkan rata-rata 3,4 dribel bola di musim lalu.

Dengan catatan tersebut, Wan-Bissaka boleh jadi tumpuan baru MU untuk serangan dari sektor sayap kanan. Bukan tidak mungkin, Wan-Bissaka adalah pengganti Gary Neville yang selama ini dicari MU.

3 dari 4 halaman

2. Pertahanan Kokoh di Sisi Kanan

Sebagai bek, tugas utama Wan-Bissaka tentu membantu pertahanan. Soal ini, MU rasanya tak perlu khawatir.

Pasalnya, Wan-Bissaka adalah pemain dengan jumlah tekel terbanyak di Palace dengan 3,7 tekel per pertandingan. Jumlah rata-rata tekel itu jauh mengungguli catatan Ander Herrera yang menjadi pemain MU dengan tekel terbanyak di musim lalu yakni 2,5.

Di Liga Inggris, Wan-Bissaka merupakan pemain dengan tekel terbanyak ketiga di bawah Wilfred Ndidi (Leicester City) dan Idrissa Gueye (Everton). Bukan cuma tekel, Wan-Bissaka tercatat juga membuat 2,4 intersep serta 3,7 sapuan per laga.

Catatan impresif itu pula yang tampaknya membuat Wan-Bissaka sempat menjadi pemain terbaik pilhan fan Palace pada Februari 2018. Wan-Bissaka juga sukses dipanggil masuk tim nasional Inggris U21.

4 dari 4 halaman

3. Investasi Jangka Panjang

Sebagai pemain muda, pembelian Wan-Bissaka dianggap sebagai investasi jangka panjang MU. Dengan usia yang masih 21 tahun, MU diprediksi bakal mereguk untung baik secara teknis maupun finansial dari Wan-Bissaka.

Secara teknis, Wan-Bissaka belum mencapai puncak penampilan terbaiknya. Dengan polesan dari tim pelatih MU, bukan tidak mungkin, bek keturunan Kongo ini bakal lebih baik ketimbang saat masih di Palace.

Secara finansial, harga transfer Wan-Bissaka tentu bakal semakin naik. Apalagi jika sang pemain bisa menunjukkan grafik permainan yang meningkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.