Sukses

5 Bintang Timnas Belgia dengan Harga Termahal di Dunia

Timnas Belgia sedang menikmati masa-masa emas. Mereka memiliki pemain-pemain berbakat di sepak bola, seperti Eden Hazard.

Jakarta - Timnas Belgia tidak termasuk sebagai negara elite sepak bola dunia. Padahal, mereka menduduki peringkat tiga besar pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Namun, Timnas Belgia tak pernah kering pesepak bola berbakat. Eden Hazard, Romelu Lukaku, dan Vincent Kompany adalah sederet nama pesepak bola berbakat Belgia.

Beberapa tahun belakangan, Belgia produktif mencetak pemain hebat. Negara tetangga Belanda itu tengah menikmati memiliki generasi emas sepak bola, yang secara otomatis mengerek prestasi negaranya.

Sepanjang sejarah sudah terdapat berbagai pemain asal Belgia yang menjalani karier dan mendapatkan kesuksesan yang membuat mereka didatangkan tim lain dengan biaya tinggi.

Berikut adalah lima ​transfer pemain Timnas Belgia termahal sepanjang sejarah berdasarkan data dari Transfermarkt.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Axel Witsel

Axel Witsel mengawali kariernya sebagai pemain sepak bola profesional di Standard Liege pada 2006 dan membela klub Belgia itu selama lima tahun sebelum bergabung dengan Benfica. Witsel yang berposisi sebagai gelandang itu hanya berada di Portugal selama satu musim.

Pada 2012, Witsel direkrut oleh Zenit St. Petersburg yang mengeluarkan biaya sebesar 40 juta euro untuk mendatangkannya ke Rusia. Witsel membela Zenit selama lima tahun sebelum pindah ke Tiongkok dan membela Tianjin Quanjian pada 2017.

3 dari 6 halaman

Christian Benteke

Christian Benteke sempat membela beberapa klub di Belgia seperti Genk dan Standard Liege sebelum didatangkan oleh Aston Villa pada 2012 dengan nilai transfer yang dikabarkan mencapai tujuh juta pound. Berposisi sebagai penyerang, Benteke merupakan pemain yang dapat diandalkan oleh Villa selama kariernya di klub tersebut.

Pada 2015, Benteke direkrut oleh Liverpool yang mengeluarkan biaya sebesar 45 juta euro untuk mendatangkannya ke Anfield. Tetapi Benteke tidak dapat menunjukkan performa yang konsisten sehingga dilepas ke Crystal Palace satu tahun kemudian.

4 dari 6 halaman

Kevin De Bruyne

Bakat yang dimiliki oleh Kevin De Bruyne sudah terlihat jelas ketika Chelsea mendatangkannya dari Genk pada 2012, namun pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu dipinjamkan ke Werder Bremen dan kemudian dilepas secara permanen ke Wolfsburg pada 2014.

Hanya satu tahun setelah menjalani kariernya di Wolfsburg, Manchester City mengeluarkan biaya sebesar 76 juta euro untuk mendatangkan De Bruyne, yang hingga kini menjadi salah satu bagian kunci dari skuat asuhan Pep Guardiola tersebut.

5 dari 6 halaman

Romelu Lukaku

Romelu Lukaku yang berposisi sebagai penyerang menunjukkan bakat dan potensinya ketika dipinjamkan oleh Chelsea ke West Bromwich Albion dan Everton, sebelum bergabung secara permanen dengan The Toffees pada 2014. Lukaku menjalani kariernya di Goodison Park selama tiga tahun.

Pada 2017, Manchester United mengeluarkan dana sebesar 84,7 juta euro untuk mendatangkannya ke Old Trafford dan diharapkan dapat menjadi pemain kunci di lini depan mereka. Tetapi dalam beberapa waktu terakhir pemain berusia 26 tahun itu dikabarkan dapat hengkang.

6 dari 6 halaman

Eden Hazard

Eden Hazard membela Chelsea selama tujuh tahun setelah didatangkan dari Lille pada 2012, dan selama periode tersebut pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap kiri itu terlibat dalam keberhasilan mendapatkan kesuksesan baik dalam tingkat klub maupun individual.

Kesuksesan itu membuatnya didatangkan oleh Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2019 dengan mengeluarkan biaya sebesar 100 juta euro.

Sumber: 90min 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.