Sukses

Tekuk Persela, Persebaya Melesat ke Posisi 7 Klasemen Shopee Liga 1 2019

Persebaya menang 3-2 atas Persela dalam pertandingan pekan keenam Liga 1 2019. Kemenangan ini membawa Persebaya melesat dari posisi 11 ke posisi ketujuh klasemen sementara.

Jakarta Persebaya Surabaya sukses mengamankan poin penuh saat menjamu Persela Lamongan dalam laga pekan keenam Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Senin (1/7/2019) sore. Pada laga yang disiarkan langsung Indosiar ini, Persebaya sempat tertinggal dari Persela di awal babak pertama.

Namun, Persebaya mampu bangkit dan menang 3-2 untuk membuat Persela tetap berada di dasar klasemen sementara Liga 1 2019.

Persela langsung membuka keunggulan saat pertandingan baru berjalan tiga menit lewat gol cantik Lucky Wahyu. Gol tendangan keras Lucky dari sisi kanan luar kotak penalti meluncur deras dan tepisan kiper Persebaya, Miswar Saputra, tak berpengaruh sedikitpun. Bola membentur tiang dan masuk ke dalam gawang Persebaya.

Namun, Persebaya mampu mencetak gol balasan pada menit ke-17 lewat tandukan Oktafianus Fernando. Oktafianus menyambut umpan sepak pojok Damian Lizio dengan tandukan yang matang dan membuat bola melesat langsung masuk ke gawang Persela.

Serangan demi serangan coba dilakukan oleh Persebaya untuk mencari keunggulan. Namun, lini pertahanan Persela pun mampu bermain disiplin dan mencoba membangun serangan balik yang cepat.

Persela hampir saja kembali unggul pada menit ke-27 lewat skema serangan balik cepat. Sayang sepakan Alex dos Santos di depan Miswar Saputra yang meninggalkan sarangnya tak menemui sasaran. Bola meluncur tipis di samping gawang Persebaya.

Persebaya pun terus memberikan tekanan kepada Persela pada sisa waktu babak pertama. Bahkan Djadjang Nurdjaman memasukkan Amido Balde untuk memperkuat lini depan pada menit ke-41 setelah Oktafianus Fernando mengalami sedikit cedera sehingga tidak bisa melanjutkan pertandingan.

Sayangnya, hingga 45 menit pertama berakhir, Persebaya belum berhasil membalik keunggulan. Kedudukan 1-1 pun menutup babak pertama pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saling Balas Gol, Amido Balde Cetak Gol Perdana di Liga 1 2019

Persebaya tampil menekan pada awal babak kedua. Mengandalkan kecepatan pemain sayap dan keberadaan Amido Balde di dalam kotak penalti, Bajul Ijo berusaha untuk menciptakan peluang, tapi disiplinnya lini belakang Persela yang mendukung Dian Agus Prasetyo yang mengawal gawang membuat Persela tetap aman.

Persela justru berhasil kembali unggul pada menit ke-54 lewat gol Alerx dos Santos. Berawal dari umpan silang pemain pengganti, Sugeng Efendi, yang mendapatkan umpan terobosan cepat, Alex dos Santos tidak terkawal di kotak penalti dan dengan sedikit sontekan saja sukses mengoyak jala gawang Persebaya untuk membawa Persela unggul 2-1.

Irfan Jaya hampir saja membawa Persebaya menyamakan kedudukan lagi pada menit ke-58. Irfan Jaya melepaskan sebuah tembakan spekulasi dari sisi kanan lapangan dan sudut yang begitu sempit. Bola melambung membuat Dian Agus kesulitan untuk menebak arah jatuh bola yang ternyata membentur tiang jauh gawang Persela dan bola kembali ke lapangan permainan.

Namun, upaya Persebaya yang terus menekan akhirnya benar-benar berbuah hasil pada menit ke-61. Irfan Jaya akhirnya benar-benar mencetak gol penyeimbang kedudukan menjadi 2-2.

Berawal dari kemelut di depan gawang Persela, di mana Amido Balde gagal menanduk bola dengan baik, Osvaldo Haay yang menerima bola liar mengirim umpan kepada Irfan Jaya yang langsung menembak bola menembus gawang Persela.

Akhirnya Amido Balde benar-benar membuka perolehan golnya di Liga 1 2019 pada menit ke-65 untuk membawa Persebaya unggul 3-2. Menerima umpan silang dari Osvaldo Haay, Amido Balde melakukan diving header yang tidak diperkirakan oleh lini pertahanan Persela, termasuk sang kiper, Dian Agus.

Berbalik tertinggal, Persela berusaha untuk melakukan tekanan yang mereka bangun dengan serangan balik usai menggagalkan skema serang Persebaya. Satu peluang emas didapatkan Laskar Joko Tingkir pada menit ke-81 lewat tembakan keras Sugeng Efendi usai mendapat umpan dari Rafael Gomes de Oliveira. Sayang, tembakannya masih melayang di atas mistar gawang Persebaya.

Wasit Yudi Nurcahya mengeluarkan kartu merah untuk gelandang Persebaya Surabaya, Damian Lizio, pada masa injury time setelah terlibat perselisihan dengan pemain Persela usai sempat dilanggar keras di depan kotak penalti Persela. Damian Lizio diusir wasit karena sudah mendapatkan dua kartu kuning dalam pertandingan ini.

Namun, berkurangnya jumlah pemain Persebaya tidak memiliki arti apa pun untuk hasil pertandingan. Persebaya tetap berhasil meraih tiga poin lewat kemenangan 3-2 atas Persela.

Kemenangan ini membawa Persebaya melesat dari posisi 11 ke posisi ketujuh dalam klasemen sementara Liga 1 2019 dengan delapan poin dari lima laga. Sementara bagi Persela, kekalahan membuat mereka tetap harus berada di dasar klasemen.

3 dari 3 halaman

Susunan pemain:

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Novan Setya Sasongko, Otavia Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi (belakang); Damian Lizio, Fandi Eko Utomo, Muhammad Hidayat (tengah); Osvaldo Haay, Irfan Jaya, Oktafianus Fernando (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Persela (4-3-3): Dian Agus Prasetyo (kiper); Arif Satria, Eky Taufik Febrianto, Moch Zaenuri, Samsul Arifin (belakang); Ahmad Subagja Saasith, Kei Hirose, Lucky Wahyu Dwi Permana (tengah); Malik Risaldi, Yohanis Nabar, Alex dos Santos (depan)

Pelatih: Ragil Sudirman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.