Sukses

Adrien Rabiot Segera Gabung, Ini 4 Pemain Top yang Datang ke Juventus Secara Gratis

Rabiot bakal menjadi pemain gratisan terbaru di skuat Juventus. Namun sejak 2005, Juventus sudah berburu pemain gratis.

Liputan6.com, Turin - Pemain Timnas Prancis, Adrien Rabiot tinggal selangkah lagi bergabung dengan Juventus. Dia sudah tiba di Turin untuk menyelesaikan proses kepindahannya ke juara delapan kali Serie A secara beruntun.

Rabiot belum meneken kontrak resmi dengan Juventus. Namun sudah 99 persen Rabiot akan bergabung dengan La Vecchia Signora.

Untuk mendapatkannya dari Paris Saint-Germain (PSG), Juventus tidak perlu mengeluarkan uang. Sebab, kontrak gelandang berusia 24 tahun itu bersama PSG sudah habis pada 30 Juni 2019.

Namun, ibu Rabiot menerima komisi sebesar 10 juta euro dari kepindahan sang anak ke Turin. Ibu Rabiot yang mengurus kepindahan pemain 24 tahun tersebut.

Dengan datangnya Rabiot, Juventus semakin kental dengan transfer pemain gratis. Kebijakan itu sudah mereka lakukan sejak tahun 2005. Berikut empat pemain top yang datang ke Juventus dengan status sebagai pemain gratisan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Andrea Pirlo

Andrea Pirlo datang ke Juventus pada 2011. Manajemen Si Nyonya Tua tak perlua mengeluarkan biaya untuk pemain berambut gondrong itu karena kontraknya telah habis bersama AC Milan.

Juventus pun memberikan Pirlo kontrak berdurasi tiga tahun, yakni hingga 2014. Namun, yang tampil baik di lini tengah dengan membawa Juventus menjuarai tiga Serie A secara beruntun berhasil mendapat kontrak tambahan selama setahun.

Di tahun terakhirnya bersama Juventus, Pirlo berhasil membawa tim asuhan Massimiliano Allegri menjuarai Serie A yang keempat secara beruntun. Mengingat usia yang sudah tidak muda pada 2015, 36 tahun, dia pun memilih hengkang ke klub Amerika Serikat, New York City.

 

3 dari 6 halaman

Paul Pogba

Pada 3 Juli 2012, Juventus mendapatkan Paul Pogba secara gratis dari Manchester United (MU). Mereka tak perlu mengeluarkan uang karena Pogba bertengkar hebat dengan manajer MU saat itu, Sir Alex Ferguson.

Gelandang Timnas Prancis itu berada di Turin selama empat musim. Selama bersama Juventus, Pogba memenangkan empat gelar Serie A. Dia juga berhasil menggantikan peran yang ditinggalkan Andrea Pirlo.

Namun pada 8 Agustus 2016, Pogba memilih kembali ke MU. Juventus pun mendapat keuntungan yang sangat banyak, yakni 105 juta euro dari biaya transfer Pogba yang dikeluarkan MU. Gelandang berusia 26 tahun itu pun menjadi pemain termahal di dunia sebelum dikalahkan Neymar.

 

4 dari 6 halaman

Dani Alves

Salah satu bek kanan terbaik di dunia, Dani Alves bergabung dengan Juventus pada 27 Juni 2016. Pemain asal Brasil itu bergabung dengan Juventus setelah tidak mendapat kontrak baru dari Barcelona.

Namun, kiprah Alves bersama Juventus hanya bertahan selama semusim. Dia bertengkar hebat dengan beberapa pemain Si Nyonya Tua di final Liga Champions 2016/17. Kabarnya, Alves menghina kiper Juventus saat itu, Gianluigi Buffon, yang tidak pernah memenangkan Liga Champions.

Kapten Timnas Brasil di Copa America 2019 itu pun hengkang ke klub Prancis, Paris Saint-Germain.

 

5 dari 6 halaman

Aaron Ramsey

Selain Adrien Rabiot, Juventus telah mendapatkan tanda tangan gelandang asal Wales, Aaron Ramsey pada bursa transfer musim panas. Dia didatangkan dari klub Inggris, Arsenal pada 12 Februari 2019.

Juara Liga Italia itu terbilang beruntung bisa mendapatkan Ramsey pada bursa transfer kali ini. Juventus memboyongnya secara gratis dari Arsenal setelah Ramsey tidak disodorkan kontrak baru.

Bersama Juventus, Ramsey akan mendapat bayaran tinggi. Dia akan menerima upah kerja sebesar 20,8 juta pound sterling atau senilai dengan Rp 375 miliar per tahun hingga Juni 2023.

 

6 dari 6 halaman

Daftar Transfer Gratis Juventus Sejak 2005

2005: Robert Kovac

2008: Olof Mellberg

2009: Fabio Cannavaro

2011: Andrea Pirlo

2012: Paul Pogba, Lucio

2013: Fernando Llorente

2014: Kingsley Coman

2015: Sami Khedira

2015: Norberto Neto

2016: Dani Alves

2018: Emre Can

2019: Aaron Ramsey, Adrien Rabiot

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.