Piala Indonesia: Gol Zulham Zamrun Bawa PSM Tekuk Madura United

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 30 Jun 2019, 18:36 WIB
PSM Makassar Vs Madura United

Jakarta PSM Makassar menang tipis 1-0 atas Madura United dalam leg pertama semifinal Piala Indonesia 2018 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Minggu (30/6/2019).  Gol kemenangan PSM ditentukan Zulham Zamrun, dan membuat timnya berpeluang lebih besar ke final.

PSM tampil lebih agresif dan dominan sejak menit awal pertandingan. Mengandalkan keberadaan Rizky Pellu dan Wiljan Pluim di lini tengah, tim tuan rumah berupaya terus menekan pertahanan Madura United.

Namun, Madura United bukan tanpa perlawanan. Guntur Ariyadi ditugaskan untuk mengawal ketat Wiljan Pluim. Sementara itu, rekan-rekannya berusaha untuk bisa mengatasi dominasi tim tuan rumah dengan memainkan ball possession saat memiliki bola.

Sebuah peluang emas didapatkan PSM pada menit ke-23 lewat sundulan Rahmat di depan gawang Madura United. Sayang, arah tandukan membuat bola masih mengarah tepat kepada kiper Laskar Sape Kerap, Muhammad Ridho, yang masih mampu menghalau dengan baik.

PSM akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-37 lewat gol indah yang dicetak Zulham Zamrun. Berawal dari umpan silang yang dikirimkan Asnawi Mangkualam, Zulham melepaskan tendangan placing dari dalam kotak penalti ke sudut atas gawang Madura United yang tidak mampu dihalau oleh Muhammad Ridho.

Dalam kondisi tertinggal, Madura United berusaha memberikan tekanan lebih kepada tim tuan rumah. Namun, Wiljan Pluim dkk. tidak mengendurkan agresivitas mereka. Sayangnya, hingga babak pertama berakhir, kedudukan 1-0 untuk keunggulan PSM tidak berubah.

2 of 3

Permainan Keras di Babak Kedua

PSM meningkatkan serangan demi serangan sejak awal babak kedua dimulai. Tim tuan rumah tampak berusaha untuk mengendalikan permainan dan tak ingin Madura United terlepas dari tekanan.

Permainan keras pun mewarnai pertandingan di babak kedua. Bahkan sejumlah protes kerap dilayangkan oleh pemain dari masing-msing tim kepada wasit yang memimpin pertandingan.

Bahkan dalam masa injury time sempat ada kericuhan antara pemain PSM dan Madura United yang berawal dari tekel tidak perlu bek kiri Madura United, Andik Rendika Rama, kepada bek kanan PSM, Asnawi Mangkualam.

Bahkan keributan tersebut menyebar kepada selisih paham antara Abdul Rahman dan Aleksandar Rakic. Abdul Rahman yang berusaha menahan Andik Rendika Rama agar tidak berselisih justru menjadi salah paham bagi Rakic yang mengira Abdul Rahman berusaha menahan pergerakan Andik Rendika Rama.

Hingga pertandingan usai, kedudukan 1-0 untuk keunggulan PSM Makassar tidak berakhir. Dengan demikian, Juku Eja memiliki peluang yang lebih besar untuk lolos ke final Piala Indonesia 2018, di mana leg kedua semifinal akan digelar di Gelora Madura, Pamekasan, Minggu (7/7/2019)

3 of 3

Susunan Pemain

PSM (4-4-2): Rivky Mokodompit (kiper); Aaron Evans, Abdul Rahman, Asnawi Mangkualam, Beny Wahyudi (belakang); Marc Klok, Rizky Pellu, Wiljan Pluim, Zulham Zamrun (tengah); Guy Junior, Rahmat (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

Madura United (4-3-3): Muhammad Ridho (kiper); Andik Rendika Rama, Fachrudin Aryanto, Jaimerson Xavier, Marcho Meraudje (belakang); Guntur Ariyadi, Asep Berlian, Slamet Nurcahyono (tengah); Alberto Goncalves, Aleksandar Rakic, Greg Nwokolo (depan)

Pelatih: Dejan Antonic

Lanjutkan Membaca ↓