3 Alasan Barcelona Batal Rekrut Matthijs de Ligt

Oleh Ario Yosia pada 28 Jun 2019, 08:10 WIB
Matthijs de Ligt

Jakarta - Matthijs de Ligt sempat jadi pemain yang paling diinginkan klub-klub besar di bursa transfer musim panas 2019 ini. Performa gemilangnya di Ajax Amsterdam musim lalu menjadi penyebab utama Barcelona, Juventus, PSG dan Manchester United, memburunya.

Namun, saga transfer de Ligt masih belum menemukan titik terang. Barcelona yang disebut paling berpeluang merekrut de Ligt, menarik diri dari perburuan.

Hal itu menimbulkan pertanyaan karena Barcelona memiliki kekerabatan yang erat dengan Ajax. Selain itu, Barcelona juga sudah merekrut sahabat Mattihjs de Ligt, yaitu Frenkie de Jong.

Barcelona disebut sebagai klub yang paling sesuai untuk de Ligt. Namun, Barcelona tak mau mengambil risiko untuk mendatangkan pemain berusia 19 tahun.

Selain hubungan yang buruk dengan agen de Ligt, yaitu Mino Raiola, Barcelona juga memiliki tiga alasan utama dalam mengurungkan niat untuk memboyong de Ligt.

Berikut ini adalah tiga alasan utama Barcelona tidak yakin memboyong Matthijs de Ligt:

 

2 of 4

Banderol Kemahalan

Juventus vs Ajax
Bek Ajax Amsterdam, Matthijs de Ligt berebut bola dengan megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo pada laga pertama perempat final Liga Champions 2018-2019 di Amsterdam Arena, Rabu (10/4). Juventus harus puas bermain imbang 1-1 di kandang Ajax Amsterdam. (AP/Martin Meissner)

Biaya yang dibutuhkan untuk memboyong Matthijs de Ligt dari Ajax berada di kisaran angka 130 juta euro. Nilai tersebut terdiri dari biaya transfer dan nilai kontrak selama lima tahun.

Hal itu membuat Barcelona keberatan karena tidak ingin mengganggu keharmonisan skuat dengan kedatangan de Ligt. Jika bergabung ke Barcelona, ia akan menjadi pemain dengan gaji terbesar ketiga setelah Lionel Messi dan Philippe Coutinho.

3 of 4

Barcelona Punya Banyak Stok Bek Berkualitas

Ajax Amsterdam Latihan
Pemain Ajax Amsterdam, Matthijs de Ligt, melakukan sesi latihan jelang laga semifinal Liga Champions di Stadion Johan Cruyff, Rabu (8/5). Ajax Amsterdam akan berhadapan dengan Tottenham Hotspur. (AP/STR)

Penolakan terhadap transfer Matthijs de Ligt juga datang dari para pemain senior Barcelona. Para pemain tersebut menilai jika Barcelona sudah memiliki bek tengah kelas dunia.

Para bek yang dimaksud adalah Clement Lenglet dan Samuel Umtiti. Dua pemain tersebut dianggap sudah lebih dari cukup dari yang dibutuhkan Barcelona.

4 of 4

Fokus Utama Diarahkan ke Neymar

Matthijs de Ligt
Matthijs de Ligt terus menunjukkan kematangan bermain bersama Ajax Amsterdam dan Barcelona harus bayar mahal untuk merekrutnyam(EMMANUEL DUNAND / AFP)

Barcelona tak mau menghabiskan bujet transfernya untuk mendatangkan de Ligt karena mereka masih menginginkan Neymar. Kabarnya Barcelona sudah menyiapkan skema untuk memulangkan Neymar ke Camp Nou.

Barcelona siap memberikan uang sebesar 75 juta euro ditambah Philippe Coutinho jika PSG mau melepas Neymar.

Lanjutkan Membaca ↓