Teman Jadi Lawan, Pacquiao vs Khan Segera Terwujud

Oleh Marco Tampubolon pada 27 Jun 2019, 17:00 WIB
Diperbarui 29 Jun 2019, 15:13 WIB
Latihan Santai Manny Pacquiao Jelang Hadapi Adrien Broner

Liputan6.com, Jakarta Pertarungan Amir Khan vs Manny Pacquiao yang telah lama dinanti-nanti sepertinya bakal segera terwujud. Kedua pihak secara prinsip telah sepakat untuk naik ring akhir tahun ini. 

Seperti dilansir Mirror.co.uk, Khan dan Pacquiao telah membuka kembali jalur negosiasi. Dari pembicaraan disepakati duel akan berlangsung di Jeddah, Arab Saudi, 9 November 2019. 

"Ada banyak perbincangan tentang pertarungan saya dan Manny selama bertahun-tahun dan muncul lagi ketika kami sama-sama ditangani oleh Freddie Roach," kata Khan. 

"Ini pertarungan yang saya nanti-nantikan dan sepertinya itu akan segera terwujud. Saya ingin lebih baik lagi. Itu sebabnya, saya ingin bertarung segera setelah Crawford."

Satu dekade lalu, Khan dan Pacquiao memang pernah sama-sama dilatih oleh Freddie Roach di sasana Wild Gym. Sejak saat itu, Khan ingin sekali menjajal kekuatan 'Pacman'.

Sayang belum ada kesempatan bagi Khan untuk menuntaskan rasa penasaran tersebut. "Saya hanya tertarik terhadap pertarungan besar dan pertemuan dengan Manny Pacquiao seharusnya menjadi sebuah pertarungan yang besar," beber Khan. 

 

 

2 of 3

Free Agent

Manny Pacquiao Berhasil Taklukkan Adrien Broner
Petinju asal Filipina, Manny Pacquiao merayakan kemenangannya melawan Adrien Broner dalam pertandingan tinju kelas welter WBA di Las Vegas (19/1). Pacquiao menang lewat kemenangan angka mutlak, 117-111, 116-112, dan 116-112. (AP Photo/John Locher)

Pacquiao merupakan legenda hidup tinju profesional. Petinju asal Filipina ini sempat menyandang gelar juara dunia di delapan kelas berbeda. Sebelum berhadapan dengan Khan, Pacquiao lebih dulu akan menjajal kekuatan Keith Thurman pada 20 Juli mendatang. 

Setelah duel ini, Pacquiao bakal berstatus free agent. Arab Saudi pun bersedia membayar biaya pertarungan melawan Khan yang bakal jadi box office besar di Inggris dan Asia, apalagi jika Pacquiao yang kini sudah menginjak usia 40 tahun menelan kekalahan.

 

3 of 3

Khan Ganti Lawan

Amir Khan Menyerah, Terence Crawford Menang TKO
Amir Khan (kiri) meninju Terence Crawford pada perebutan gelar juara dunia tinju kelas welter WBO di Madion Square Garden, New York, Amerika Serikat, Minggu (21/4) . Amir Khan jatuh hingga dua kali di ronde pertama. (AP Photo/Frank Franklin II)

Sama halnya dengan Pacquiao, Khan juga bakal naik ring bulan depan. Namun petinju asal Inggris itu tidak jadi bertemu dengan Neeraj Goyat. Petinju asal India tersebut tidak bisa naik ring karena mengalami cedera parah setelah mengalami kecelakaan mobil, Selasa lalu.  

Sebagai gantinya, Amir Khan rencananya akan berhadapan dengan petinju asal Australia, Billy Dib. Pertarungan ini akan berlangsung di Arab Saudi, pada 12 Juli mendatang. 

Dib merupakan mantan anak didik Nasem Hamed. Mantan juara dunia asal Inggris ini boleh dikatakan sosok yang pertama kali menemukan bakat Dib. Semua bermula saat Dib mengirimkan video pertarungannya kepada Hamed dan meminta nasehat darinya. 

Pada tahun 2004, Hamed mengundangnya dan menganjurkannya beralih ke tinju profesional tidak lama setelah kecelakaan yang menghancurkan mimpinya tampil di Olimpiade Athena. 

Sekarang, pria berusia 33 tahun itu berlatih bersama Mike Tyson dan bergabung di bawah promotor Oscar De La Hoya. Pada tahun 2011 lalu, Dib merebut gelar IBF usai mengalahkan Jorge Lacierva. Setelah dua kali mempertahankannya, gelar ini pun copot tahun 2013. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

Lanjutkan Membaca ↓