Sukses

Australia Benarkan Gandeng Indonesia Demi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

FFA membahas tuan rumah bersama dengan Indonesia untuk Piala Dunia 2034 saat negara-negara di kawasan ASEAN menggelar rapat di Laos.

Liputan6.com, Perth - Federasi Sepak Bola Australia (FFA) membernarkan pihaknya telah berkomunikasi dengan PSSI untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.

Seperti dikutip dari Reuters, FFA membahas tuan rumah bersama dengan Indonesia untuk Piala Dunia 2034 saat negara-negara di kawasan ASEAN menggelar rapat di Laos. Namun FFA tidak merinci waktu pertemuan mereka dengan pihak Indonesia.

"Federasi Sepak Bola Australia mengonfirmasi telah berdiskusi dengan Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) mengenai kemungkinan bersama-sama mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Dunia 2034," bunyi pernyataan FFA yang diterima Reuters.

"Pengajuan tuan rumah bersama Australia-Indonesia juga didiskusikan pada pekan lalu dalam pertemuan ASEAN Football Federation Council di Laos," kata FFA menegaskan.

Akhir pekan lalu, Minggu (23/6/2019), dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN di Bangkok, FFA mendukung penuh negara-negara di Asia Tenggara menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Namun, mereka tidak membahas bakal menggandeng Indonesia sebagai tuan rumah bersama.

"FFA menyambut baik kesempatan untuk membahas lebih lanjut keinginan ASEAN untuk jadi tuan rumah Piala Dunia 2034," tulis pernyataan resmi FFA.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Batal dengan Thailand

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha membenarkan pihak Australia telah mengajukan diri kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Awalnya, PSSI ingin menjadikan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama dengan Thailand.

"Jadi saat meeting AFF pekan lalu di Laos, diputuskan, ketika 2018, PSSI menggandeng Thailand untuk mewakili AFF. Saat itu, Thailand menyatakan kemungkinan tidak siap," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019).

"Kemudian PSSI berdiskusi dengan AFF. Akhirnya, kami memutuskan untuk menggandeng Australia untuk Piala Dunia 2034," kata Tisha melanjutkan.

 

3 dari 3 halaman

Fokus Piala Dunia U-20 2021

Sebelumnya, Indonesia secara resmi juga telah mengajukan diri sebagai tuan rumah tunggal Piala Dunia U-20 pada 2021. Indonesia akan bersaing dengan sejumlah negara Asia Tenggara seperti Myanmar dan Thailand yang maju sebagai tuan rumah bersama.

Selain itu ada juga Bahrain, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (tuan rumah bersama), Peru, dan Brasil. “Namun, sebelum ke Piala Dunia 2034, ada sesuatu yang perlu kami lewati lebih dulu, yaitu Piala Dunia U-20 2021,” tutur Tisha.

“Jadi, kami akan mencoba untuk memenangkan tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Prosesnya sedang dilakukan. Alhamdulillah, pemerintah berdampingan bersama dengan PSSI dan AFF untuk mewujudkan hal ini,” imbuh Tisha.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.