4 Fakta Unik Bek Anyar Real Madrid, Ferland Mendy

Oleh Ario Yosia pada 24 Jun 2019, 13:00 WIB
Diperbarui 26 Jun 2019, 12:13 WIB
Ferland Mendy - Real Madrid

Madrid - Real Madrid telah menyelesaikan proses transfer Ferland Mendy. El Real resmi memperkenalkan pemain 24 tahun itu ke publik di Santiago Bernabeu pada Rabu (19/6/2019) lalu.

Mendy ditebus Real Madrid dari Olympique Lyon dengan nilai transfer yang mencapai 48 juta euro (Rp 767 miliar). Bersama Los Blancos, Ferland Mendy sepakat menandatangani kontrak berdurasi enam musim, atau sampai 30 Juni 2025.

"Sebuah kehormatan berada di klub terbaik di dunia. Terima kasih kepada presiden (Florentino Perez) untuk kepercayaannya dan juga kepada klub. Hala Madrid!" ujar Mendy.

Sementara itu, Florentino Perez merasa senang timnya mendapatkan Ferland Mendy yang merupakan bek kiri terbaik di Ligue 1 musim lalu. Dia berharap, Mendy bisa membantu Real Madrid merengkuh lebih banyak trofi.

"Kita menyambut seseorang yang dinobatkan sebagai bek kiri terbaik di liga Prancis oleh sesama pemain: Ferland Mendy. Seorang pria yang benar-benar tahu bagaimana rasanya bertarung melawan kesulitan," papar Perez.

"Anda telah memilih Real Madrid karena itu adalah keinginan besar Anda, terlepas dari tim-tim besar Eropa yang menginginkan Anda. Tantangan besar sedang dimulai untuk Anda. Anda adalah contoh peningkatan diri, sesuatu yang sejalan dengan tim ini," lanjutnya.

Ferland Mendy menjadi pembelian kelima Real Madrid untuk musim 2019-2020. Sebelumnya, Madrid sudah mendatangkan Rodrygo Goes (Santos), Eder Militao (FC Porto), Luka Jovic (Eintracht Frankfurt), dan Eden Hazard (Chelsea).

Nama Ferland Mendy nampaknya masih asing di telinga Anda. Maka dari itu, berikut adalah empat hal yang perlu diketahui tentangnya.

 

2 of 5

Karier Sepak Bola Nyaris Terhenti di Usia 14 Tahun

Ferland Mendy - Real Madrid
Ferland Mendy berpose bersama Presiden Real Madrid Florentino Perez saat diperkenalkan sebagai pemain anyar Real Madrid di Santiago Bernabeu, Rabu (19/6/2019). (AP Photo/Manu Fernandez)

Mendy sepertinya tidak pernah menduga atau membayangkan jika pada suatu saat nanti, dirinya akan mengenakan seragam ​Real Madrid. Ketika masih berusia 14 tahun, pemain yang berperan sebagai bek kiri ini sudah harus mendapatkan cedera yang serius pada pinggulnya. 

Bahkan cedera tersebut membuat Mendy untuk berhenti bermain sepakbola lantaran ia harus menggunakan kursi roda selama enam bulan dan dokter sempat memvonis dia tidak bisa bermain sepakbola kembali. Beruntung karena pengobatan dan rehabilitasi yang dilakukannya sukses, vonis dokter terbukti salah dan kini, dia jadi salah satu bek kiri muda terbaik di dunia. 

3 of 5

Didikan Akademi PSG dan Le Havre

Bek anyar Real Madrid, Ferland Mendy.
Real Madrid resmi memperkenalkan Ferland Mendy ke publik di Santiago Bernabeu, Rabu (19/6/2019). (AFP/OSCAR DEL POZO)

Jauh sebelum terkenal bersama Lyon, Ferland Mendy pernah bermain untuk raksasa Ligue 1 saat ini yang juga salah satu rival Lyon, Paris Saint-Germain. Dari 2004 hingga 2012, dia tercatat sebagai pemain akademi PSG, hingga akhirnya dia mengalami cedera serius yang membuatnya harus absen kurang lebih setahun. 

Setelah cederanya pulih dia bergabung dengan FC Mantois 78. Di sana, permainannya dilirik oleh Le Havre yang banyak menghasilkan pemain-pemain berbakat seperti Paul Pogba, Riyad Mahrez, Dimitri Payet, Lassana Diarra, dan Steve Mandanda. 

Dan tak perlu menunggu lama baginya untuk menembus skuat utama Le Havre, dia bermain di 35 pertandingan laga Ligue 2 pada 2015/16  sampai akhirnya gabung ke Lyon pada 2017/18.

4 of 5

Pernah Jadi Penyerang

Ferland Mendy
Ferland Mendy, rekrutan baru Real Madrid. (AFP/Franck Fife)

Saat ini nama Ferland Mendy memang dikenal sebagai salah satu bek kiri berbakat yang dimiliki Prancis. Tapi tahukah Anda jikalau Mendy tidak langsung mengawali karier sepakbolanya sebagai pemain bertahan? 

Ketika berada di akademi Ecquevilly EFC (tahun 2002-2004) Mendy ternyata pernah menjalani peran sebagai penyerang, kendati tidak bertahan lama. Baru saat bersama akademi PSG dia menemukan posisi naturalnya, yaitu bek kiri. 

5 of 5

Keturunan Senegal

Latihan Prancis
Bek Prancis, Ferland Mendy, melakukan pemanasan saat mengikuti sesi latihan di Stade De France, Paris, Minggu (19/11/2018). Prancis akan mejalani laga persahabatan melawan Uruguay. (AFP/Franck Fife)

Ferland Mendy memang terlahir di Prancis, dan dirinya pun juga sudah memperkuat Les Bleus. Walau begitu, Mendy ternyata mempunyai darah Senegal. Maklum saja, kedua orangtuanya memang merupakan asli warga negara Senegal.

Bahkan manajer Les Lions, Aliou Cisse, sempat berencana memanggil Mendy saat Senegal berpartisipasi di ajang Piala Dunia 2018 Rusia lalu.

Sumber: 90min

Lanjutkan Membaca ↓