Sukses

7 Legenda Sepak Bola yang Mewarnai Kiprah Timnas Indonesia

Dalam sejarahnya Timnas Indonesia begitu banyak melahirkan pemain-pemain hebat, yang bahkan kini sudah menjadi legenda.

Jakarta - Timnas Indonesia masih minim prestasi dalam beberapa tahun terakhir. Namun, Indonesia pernah dijuluki Macan Asia di masa lalu karena memiliki pemain-pemain yang telah jadi legenda saat ini.

Sejarah mencatat, prestasi terbaik Timnas Indonesia terakhir terjadi pada 1991 saat Tim Merah-Putih memenangi gelar SEA Games. Gelar bergengsi kedua di kawasan Asia Tenggara serupa setelah 1987.

Lepas dari itu, Timnas Indonesia sempat menciptakan sensasi hampir lolos ke Piala Dunia 1986. Tim Garuda gagal melangkah ke Meksiko setelah dipecundangi Korea Selatan di babak akhir kualifikasi zona Asia. Di tahun yang sama Timnas Indonesia sukses menembus semifinal Asian Games.

Dengan kata lain jangan pernah meremehkan Timnas Indonesia, sekalipun seringkali tak dinaungi keberuntungan dalam hal raihan trofi.

Sepanjang sejarah sepak bola Indonesia, berikut ini deretan 10 pemain legendaris versi situs 90min. Nama-nama yang muncul bisa diperdebatkan, tapi jika melihat koleksi prestasinya mereka pantas disebut legenda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Bambang Pamungkas

Legenda Indonesia dan Persija Jakarta. Bepe atau Bambang Pamungkas masih bermain saat ini pada usia 39 tahun. Bepe menorehkan 85 caps dan 37 gol untuk Timnas Indonesia.

Prestasi terbaik di Timnas adalah saat membawa negara menjadi runner-up Piala AFF 2002 (masih bernama Piala Tiger). Bepe juga menjadi penyerang tertajam dengan torehan delapan gol dari enam laga. Ikon Macan Kemayoran terkenal dengan kemampuannya dalam menanduk bola dan striker oportunis.

3 dari 8 halaman

Boaz Solossa

Piala Tiger 2004 menjadi ajang Boaz Solossa kala mengenalkan dirinya kepada pecinta sepak bola Indonesia. Duetnya bersama Ilham Jaya Kesuma sangat mengerikan kala itu. Boaz masih bermain saat ini untuk Persipura Jayapura di usia 33 tahun.

Kala masih prima dan berjaya, Boaz merupakan striker yang disegani di Asia karena cepat, lincah, berbahaya, dan tajam mencetak gol.

4 dari 8 halaman

Peri Sandria

Mantan penyerang tajam dan berbahaya Indonesia pada medio akhir 80-an dan pertengah 90-an. Peri Sandria pernah memecahkan rekor gol terbanyak Liga Indonesia sebanyak 34 gol sebelum dipecahkan Sylvano Comvalius.

Bersama eks pelatih Timnas Indonesia, Anatoli Polosin, Peri pernah berjaya mengantarkan Indonesia meraih medali emas di Sea Games 1991.

5 dari 8 halaman

Robby Darwis

Mantan bek tangguh di era kejayaannya. Roby Darwis bermain pada periode 1987-1998, memiliki postur tubuh ideal dan jago dalam duel satu lawan satu. Selain dikenal sebagai legenda Indonesia, Roby Darwis juga legenda bagi Persib Bandung.

6 dari 8 halaman

Kurniawan Dwi Yulianto

Bagian dari Sampdoria Primavera - proyek kerja sama PSSI dengan Italia - pada tahun 1993. Kurniawan Dwi Yulianto telah menekuni kariernya sejak berusia 17 tahun. Sampdoria dan Luzern merupakan dua klub Eropa yang pernah diperkuat Si Kurus - julukan Kurniawan.

 Jumlah gol Kurniawan di Timnas Indonesia hanya kalah dari Bambang Pamungkas. Kurniawan menorehkan 33 gol dari 58 caps dengan Tim Merah Putih.

7 dari 8 halaman

Fakhri Husaini

Mantan playmaker Timnas Indonesia. Fakhri Husaini bermain pada medio 90-an dan memiliki kemampuan baik mengoper bola dengan kedua kakinya. Fakhri juga pernah dilatih Henk Wullem, eks pelatih Timnas Indonesia.

Saat ini, Fakhri Husaini menjadi pelatih Timnas Indonesia U-19 dan coba menularkan pengalamannya kepada pemain-pemain muda.

8 dari 8 halaman

Aji Santoso

Mantan bek kiri terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Aji Santoso memiliki kecepatan, hebat dalam melakukan umpan silang, serta stamina yang sangat bagus. Aji Santoso kini menekuni karier kepelatihan dan memperkua Timnas pada medio 1990-an.

Sumber: 90min

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.