Becamex Vs PSM Makassar: Sengitnya Duel Antarlini

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 19 Jun 2019, 10:10 WIB
Becamex Binh Duong Vs PSM Makassar

Jakarta - PSM Makassar akan menjalani semifinal Zona ASEAN Piala AFC 2019 sore ini. Tak main-main, Tim Juku Eja akan menantang klub Vietnam, Becamex Binh Duong, Rabu (19/6/2019).

PSM melaju ke fase knock-out dengan status juara Grup H. Tim berjuluk Pasukan Ramang itu tak terkalahkan dengan mengoleksi 14 poin, plus mencetak 17 gol serta kebobolan delapan gol.

Adapun Becamex Binh Duong melaju dengan tiket peringkat kedua Grup G. Wakil Vietnam itu mengumpulkan 15 poin, hasil dari empat kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah.

Becamex tercatat mencetak 13 gol dan kebobolan lima gol dalam enam laga. Catatan tersebut membuat Becamex tidak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi, mereka mampu meraih satu kemenangan dan bermain imbang kontra juara Liga 1 2018, Persija Jakarta.

PSM Makassar membutuhkan kemenangan atau minimal gol tandang dalam laga tersebut. Hal ini menjadi modal berharga buat pasukan Darije Kalezic untuk melakoni laga leg kedua yang akan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, pada 26 Juni mendatang.

Lantas, siapa saja pemain-pemain yang akan berperan penting dalam laga nanti? Berikut ini duel antarlini yang bakal terjadi pada laga Becamex Binh Duong melawan PSM Makassar versi Bola.com:

2 of 4

Belakang

Bek PSM Makassar, Aaron Evans, menendang bola saat melawan Lao Toyota FC pada laga Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (13/3). PSM menang 7-3 atas Lao. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Pelatih Darije Kalezic memang kerap melakukan pergantian dua bek tengah PSM Makassar di Piala AFC 2019. Kalezic pernah memainkan Aaron Evans-Munhar, Hasyim Kipuw-Munhar, Abdul Rahman-Munhar, Abdul Rahman-Aaron Evans.

Namun, dari sejumlah duet tersebut Kalezic lebih sering memainkan Abdul Rahmad-Aaron Evans. Pasangan itu dimainkan sebanyak tiga kali pada babak penyisihan grup Piala AFC 2019. Hal itu diyakini bakal dipertahankan pada laga melawan Becamex Binh Duong nanti.

Adapun Becamex memiliki dua pemain yang tangguh di lini belakang yakni Ali Rabo dan Veniamin Shumeyko. Duet tersebut sudah tiga kali dimainkan pada babak penyisihan grup Piala AFC 2019.

3 of 4

Tengah

Gelandang PSM, Marc Klok, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persija pada laga Liga 1 di Stadion Patriot, Bekasi, Selasa  (15/8/2017). PSM sementara unggul 2-0 atas Persija. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Untuk lini tengah, PSM Makassar masih akan bergantung kepada Marc Klok dan Zulham Zamrun. Kedua pemain tersebut merupakan nyawa dari permainan PSM di lini tengah.

Adapun Becamex memiliki beberapa nama gelandang yang tampil mengesankan yakni To Van Vu. Gelandang asal Vietnam itu dikenal memiliki kelincahan di lini kanan dan sudah mencetak tiga gol sepanjang babak penyisihan grup

4 of 4

Depan

Striker PSM Makassar, Eero Markkanen, berlari saat melawan Lao Toyota FC pada laga Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (13/3). PSM menang 7-3 atas Lao. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Di lini depan, PSM Makassar diyakini masih berharap pada ketajaman Eero Markkanen. Bomber asal Finlandia itu sejauh ini mampu memberikan penampilan apik di Piala AFC 2019.

Pada babak penyisihan grup, Markkanen berhasil mencetak lima gol dalam enam pertandingan. Jumlah itu membuat Markkanen hanya tertinggal empat gol dari pencetak gol terbanyak sementara di Piala AFC 2019 yakni Bienve Maranon (Ceres-Negros) dan Ganiyu Oseni (Ha Noi).

Sementara itu, kualitas lini serang Becamex hanya terfokus pada seorang Wander Luiz. Sejauh ini, Luiz sudah mencetak empat gol sepanjang babak penyisihan grup.

Sumber: Bola.com

Lanjutkan Membaca ↓