Sukses

GM Susanto Puas Kalahkan Pecatur Unggulan di JAPFA Chess Tournament 2019

GM mengaku sudah unggul tipis dari pembukaan sehingga mampu terus menekan Dmitry Kokarev.

Liputan6.com, Yogyakarta - Atlet catur putra Indonesia GM Susanto Megaranto mengalahkan Grand Master asal Rusia Dmitry Kokarev dalam putaran ketujuh JAPFA Chess Tournament 2019 di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, Senin (17/6/2019) malam.

Dmitry merupakan pemain catur unggulan pertama dalam turnamen ini. “Sejak awal sudah unggul tipis, dari pembukaan sampai akhirnya menang,” ujar Susanto seusai pertandingan.

Ia mengungkapkan pertandingan berjalan mengalir. Terkadang, ia menggunakan strategi dan berjalan lancar, namun kerap kali juga ia mengalami krisis.

Susanto sempat membuat bingung Dmitry dengan menerapkan varian yang keluar dari teori di papan catur.

“Seharusnya teori ke D4, tetapi saya ke D3, dia (Dmitry) agak bingung,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bikin Dmitry Tertekan

Langkah-langkah yang diambil GM Susanto membuat Dmitry tertekan dan akhirnya kalah pion satu. Susanto yang unggul pion berhasil menjalankannya sampai ke ujung dan menjadi menteri.

“Ini lawan terberat di turnamen berdasarkan rangking, saya puas, tetapi untuk sampai ke gelar juara masih ada empat babak lagi dan semua pemain masih ada harapan karena persaingan ketat,” tuturnya.

(Switzy Sabandar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.