Rossi Yakin Finis Podium jika Tak Terjadi Insiden Fatal Lorenzo di MotoGP Katalunya

Oleh Liputan6.com pada 17 Jun 2019, 13:50 WIB
Diperbarui 17 Jun 2019, 15:15 WIB
Valentino Rossi

Liputan6.com, Barcelona - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi kecewa lagi-lagi gagal meraih hasil menjanjikan di MotoGP Katalunya, Spanyol, Minggu (16/6), namun hanya bisa pasrah menerima kenyataan bahwa ia terlibat dalam kecelakaan dengan Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, dan Maverick Vinales di Tikungan 10 pada Lap 2.

Rossi, yang start keempat, kecewa kecelakaan ini membuatnya kembali gagal finis seperti di Mugello, Italia, padahal para rider Yamaha tampil kompetitif sepanjang pekan balap di MotoGP Katalunya. Rossi juga yakin bisa memperebutkan podium usai menemukan setup yang tepat dalam sesi pemanasan pada pagi harinya.

"Sangat disayangkan, mengingat saya menjalani pekan balap yang baik. Kami bekerja keras dalam sesi latihan. Kami belajar hal penting, dan saya merasa nyaman dengan motor," papar Rossi, seperti dilansir Crash.

"Pagi ini, ritme saya baik dan konstan dengan ban medium. Pengereman juga baik. Jadi saya sangat optimistis," ujarnya.

Rossi menyatakan bahwa ban belakang medium yang ia pilih sudah sangat tepat karena ban tersebut bekerja dengan baik saat trek punya suhu tinggi. "Kami bekerja sampai pukul 9 malam demi mencari ban yang tepat, dan saya rasa kami ambil pilihan yang benar. Jadi saya merasa bisa merebut podium," tuturnya.

The Doctor pun menyatakan nasib malangnya di MotoGP Katalunya dimulai saat ia menyalip Petrucci, yakni tepat sebelum kecelakaan terjadi. Saat itu, ia berhasil merebut posisi 5. Sayang, ia masuk Tikungan 10 terlalu cepat hingga melebar. Sialnya lagi, ia justru tertabrak motor Honda milik Lorenzo, hingga terjatuh bersama Dovizioso dan Vinales.

"Saya ada di belakang Petrux. Saya lebih cepat darinya dan saya ingin menyalip. Tapi saya menyalip pada momen yang salah karena saya kelewat cepat memasuki Tikungan 10. Setelahnya, saya lihat kecelakaan terjadi di depan saya, dan sayangnya saya tak bisa menghindari motor Jorge," kisah Rossi.

 

2 of 3

Cedera Ringan

Valentino Rossi
Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (JUAN MABROMATA / AFP)

Rossi pun menyatakan dirinya terbebas dari cedera serius, meski merasakan sakit pada engkel kirinya akibat sempat terjepit antara motornya sendiri dan motor Lorenzo. Di lain sisi, rider Italia 40 ini mengaku lebih legawa, karena performanya di Catalunya jauh lebih baik ketimbang performanya di Mugello, di mana ia sulit tampil kompetitif sepanjang pekan balap.

"Saya coba tak terjatuh, tapi motor Jorge meluncur di bawah ban saya dan akhirnya saya jatuh juga. Engkel saya agak sakit, karena kaki saya sempat terjepit dua motor," terangnya.

3 of 3

Lebih Kompetitif

"Tapi, beginilah dunia balap, kadang hal macam ini bisa terjadi. Saya kecewa hanya menjalani satu lap, tapi ada aura positif, karena dibanding Mugello, kami jauh lebih kompetitif," pungkas Rossi.

Akibat insiden dan hasil ini, Rossi tetap berada di peringkat kelima pada klasemen pebalap dengan koleksi 72 poin, tertinggal 26 poin dari Petrucci yang ada di peringkat keempat. Meski engkelnya sakit, Rossi dijadwalkan kembali turun lintasan dalam uji coba pascabalap di Catalunya pada Senin (17/6).

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓