Sukses

PB Forki Bidik Target Tinggi di SEA Games 2019 dan Olimpiade 2020

PB Forki juga memutuskan untuk memindahkan lokasi Pra PON dari Nusa Tenggara Timur ke DKI Jakarta. Ini jadi program awal sebelum SEA Games dan Olimpiade 2020.

Liputan6.com, Jakarta Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB Forki) memutuskan untuk memindahkan lokasi Pra PON dari semula di Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi di DKI Jakarta. Meski begitu, waktu dan tempat belum bisa ditetapkan.

Ini keputusan PB Forki usai menggelar rapat pleno di Aula Gedung Gatot Subroto CIlangkap, Sabtu (15/6/2019).Pada sambutannya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto S.Ip selaku Ketua Umum PB FORKI mengaku tak masalah jika lokasi Pra PON digelar di Jakarta.

Pasalnya, Pra PON hanya sebagai ajang seleksi atlet yang nantinya dipilih untuk mewakili Forki di PON 2020, Papua.

"Salah satu hasil keputusan dalam rapat tersebut adalah mementukan lokasi Pra PON yang semula akan diselenggarakan di NTT menjadi di DKI Jakarta, dengan waktu penyelenggaraan akan ditetapkan lagi kemudian," kata Hadi seperti rilis yang diterima media.

"Dan, pelaksanaan Pra Pon ini akan menjadi ajang seleksi untuk Karate-ka yang nantinya bertanding di PON 2020, Papua pada September mendatang."

Selain itu, Hadi juga menegaskan kepada seluruh pengurus agar aktif memberikan konstribusi nyata untuk mencapaian target dari PB Forki. Terutama target terdekat yaitu SEA Games 2019 di Filipina dan Olimpiade 2020 di Tokyo.

"Saya juga meminta kepada seluruh pengurus untuk membangun kebersamaan dan semangat berprestasi untuk mewujudkan atlet-atlet Karate Indonesia pada kancah International terutama yang terdekat adalah SEA Games Philipina 2019 dan Olimpiade Tokyo 2020," katanya.

 

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Program

Sementara itu, Sekretaris Jendral PB FORKI, Raja Sapta Ervian memastikan, bahwa PB FORKI sudah menyusun program-program untuk mempersiapkan atlet karate berlaga di berbagai multievent. Terdekat, SEA Games 2019, Filipina.

“Selain PON, Kita juga sudah prioritaskan kan multievent SEA Games, Asian Games dan Olympic. Ini merupakan ajang internasional yang mempunyai gengsi antarnegara,” kata Ervian.

Meski begitu, Ervian juga menjelaskan semua program tersebut sebagai rangkaian pembentukan timnas karate untuk SEA Games dan pesiapan menuju Olimpiade 2020 di Tokyo serta PON 2020 Papua.

“Kita memang mempesiapkan untuk SEA Games dan PON. Tapi target utama kami meloloskan pemain untuk kualifikasi Olimpiade Tokyo. Karena ini pertama kalinya karate akan dipertandingkan di Olimpiade,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.