Sukses

Disalip Malaysia di Ranking FIFA, Pelatih Timnas Indonesia Tidak Peduli

Posisi Timnas Indonesia di rangking FIFA kini berada di peringkat 159, turun satu tingkat setelah disalip oleh Timnas Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA merosot usai kalah 1-4 dari Yordania pada laga uji coba berpredikat FIFA A Matchday. Timnas Indonesia yang sebelumnya berada di posisi 159, kini turun ke peringkat 160.

Posisi Timnas Indonesia disalip negara tetangga, Malaysia. Mereka yang sebelumnya menghuni peringkat 168 kini naik ke 159 setelah menang telak 12-2 atas Timor Leste pada putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Menanggapi posisi Timnas Indonesia yang disalip oleh Malaysia, pelatih Simon McMenemy enggak peduli. Sebab meski turun, Indonesia akan tetap berada di pot empat drawing Kualifikasi Piala Dunia 2022

"Malaysia menang dan naik FIFA rangking? Saya enggak peduli karena sebelumnya kita ada di pot empat, dan sudah ada tim dari pot empat yang kami kalahkan yakni Timnas Myanmar," kata juru taktik Timnas Indonesia asal Skotlandia itu di Jakarta, Sabtu (15/6/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjelasan PSSI

Sementara itu, Direktur Media dan Hubungan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo menegaskan bahwa posisi Indonesia di pot empat drawing Kualifikasi Piala Dunia 2022 tidak akan berubah. Sebab, penentuan pot didasari dari peringkat FIFA per Mei 2019.

"Pembagian pot Piala Dunia sudah ditentukan lewat update peringkat FIFA per Mei lalu di mana Indonesia berada di peringkat ke-32 Asia atau batas akhir yang ada di pot empat," imbuh Gatot.

 

3 dari 3 halaman

Berikut pembagian pot untuk drawing putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022:

Pot 1: Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, China

Pot 2: Irak, Uzbekistan, Suriah, Oman, Lebanon, Kirgizstan, Vietnam, Yordania

Pot 3: Palestina, India, Bahrain, Thailand, Tajikistan, Korea Utara, Chinese Taipei, Filipina

Pot 4: Turkmenistan, Myanmar, Hong Kong, Yaman, Afghanistan, Maladewa, Kuwait, Malaysia

Pot 5: Indonesia, Singapura, Nepal, Kamboja, Bangladesh, Mongolia, Guam, TBC

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.