Copa America 2019: Coutinho Pimpin Brasil Bungkam Bolivia di Laga Pembuka

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 15 Jun 2019, 09:22 WIB
Diperbarui 16 Jun 2019, 13:15 WIB
Timnas Brasil

Liputan6.com, Sao Paolo - Brasil mencatatkan kemenangan di laga pertama Copa America 2019. Mereka meraih kemenangan 3-0 atas Bolivia di Estadio Cicero Pimpeu de Toledo, Sao Paolo, Sabtu (15/6/2019) pada laga Grup A.

Tiga gol kemenangan Brasil dicetak oleh Philippe Coutinho (dua gol) dan Everton. Coutinho, pemain milik Barcelona itu bersinar setelah Neymar absen lantaran absen di Copa Amerika 2019 karena dibekap cedera.

Pada laga ini, Brasil memperoleh peluang pertama di menit kelima. Roberto Firmino melepaskan tendangan kaki kanan, tapi masih bisa ditangkap kiper Bolivia, Carlos Lampe.

Thiago Silva hampir saja membuat Brasil unggul pada menit ke-11. Mendapat umpan lambung dari Coutinho, Thiago Silva berhasil menanduk bola. Namun, akuasi tandukannya masih tidak menemui sasaran.

Bolivia mencoba menekan tuan rumah Copa America 2019. Pada menit ke-25, Marcelo Moreno melepaskan tembakan. Namun usaha striker Bolivia itu masih melebar di sebelah kiri gawang Brasil yang dikawal Alisson Becker.

Di penghujung babak pertama, Bolivia hampir saja mencuri gol melalui sepakan jarak jauh Raul Castro. Sayang, akurasi sepakan Raul Castro melebar tipis di sebelah kiri gawang Brasil. Skor imbang pun menutup paruh pertama.

 

2 of 3

Babak Kedua

Timnas Brasil
Philippe Coutinho mengeksekusi penalti saat Brasil mengalahkan Bolivia (AP Photo/Andre Penner)

Babak kedua baru berjalan dua menit, wasit yang memimpin pertandingan, Nestor Pitana memutuskan untuk melihat VAR. Setelah melihat tayangan ulang, dia memberikan hadiah penalti untuk Brasil setelah pemain Bolivia, Adrian Jusino menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang.

Coutinho yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik di menit ke-50. Dia mengirim bola ke pojok kiri gawang Bolivia yang tidak bisa dihentikan Carlos Lempe.

Tiga menit setelahnya, Coutinho berhasil menggandakan keunggulan Brasil. Memanfaatkan umpan lambung Roberto Firmino, sundulan Coutinho mengoyak gawang Bolivia.

Menit ke-64, Casemiro melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Sayang, sepakan pemain Real Madrid itu belum mampu menambah skor untuk Brasil setelah sepakannya melayang di atas gawang Bolivia.

Pada menit ke-77, Carlos Lempe melakukan penyelamatan gemilang. Kiper Bolivia menangkap sundulan bek Timnas Brasil, Marquinhos, yang menyambut umpan lambung Coutinho.

Brasil menutup pertandingan dengan skor 3-0 setelah sepakan jarak jauh Everton tak bisa dihentikan Carlos Lempe.

Hingga pertandingan berakhir, Brasil meraih kemenangan pertama di Copa America 2019.

 

3 of 3

Susunan Pemain

Brasil (4-3-3): Alisson: Dani Alves, Thiago Silva, Marquinhos, Filipe Luis; Fernandinho, Casemiro, Coutinho; Richarlison, Firmino, David Neres

Bolivia (4-4-1-1): Carlos Lampe; Diego Bejarano, Haquin, Jusino, Marvin Bejarano; Chumacero, Justiniano, Saucedo, Saavedra; Raul Castro, Marcelo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓