Indonesia Masuk Pot Paling Rendah di Drawing Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022

Oleh Aning Jati pada 15 Jun 2019, 08:10 WIB
Timnas Indonesia

Jakarta Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia sampai pada putaran kedua setelah putaran pertama selesai pada 6-11 Juni 2019 lalu. Ada lima tim yang lolos ke putaran kedua setelah berhasil melewati adangan putaran pertama.

Lima tim tersebut, yakni Mongolia yang mengalahkan Brunei, Bangladesh (membungkam Laos), Malaysia (melibas Timor Leste), Kamboja (menekuk Pakistan), serta Guan yang memupus asa Bhutan.

Satu pertandingan lagi di putaran pertama, melibatkan Makau dan Sri Lanka, masih belum diputuskan statusnya, mengingat pada leg kedua, Makau memilih tak menghadiri pertandingan di kandang lawan dengan alasan keamanan.

Pada pertandingan leg pertama di hadapan publik sendiri, Makau menang 1-0.

Sebagai catatan, putaran pertama digelar dengan sistem kandang dan tandang. Tim yang bermain dari putaran pertama merupakan penghuni ranking FIFA  ke-35-46 di bawah zona AFC (Asia).

Selanjutnya, lima tim itu (minus Makau-Sri Lanka), akan bergabung dengan negara-negara yang sudah menanti di putaran kedua.

Negara-negara ini memiliki peringkat FIFA per April 2019 lebih baik sehingga tidak bermain dari putaran pertama, melainkan dari putaran kedua. Indonesia berada dalam kategori ini, atau bermain mulai putaran kedua.

Sebelum terjun di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia , seluruh peserta yang berjumlah 40 tim akan diundi terlebih dulu untuk menentukan grup. Akan ada delapan grup, sehingga setiap grup dihuni lima tim, dengan seluruhnya memainkan partai kandang-tandang.

Pengundian grup untuk putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia ini dilakukan di Doha pada 17 Juli 2019 di Doha, Qatar.

2 of 2

Pembagian Pot

Latihan Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, memberikan instruksi kepada pemainnya saat latihan di SUGBK, Jakarta, Jumat (14/6). Latihan ini persiapan jelang laga persahabatan melawan Vanuatu. (Bola.com/Yoppy Renato)

Pembagian pot untuk drawing didasarkan pada ranking FIFA per 14 Juni 2019. Hasilnya, Indonesia yang berada di peringkat ke-160, berada di pot kelima (terakhir). Di pot kelima ini juga bercokol Singapura, Nepal, Kamboja, Bangladesh, Mongolia, Guam, dan TBC (Makau/Sri Lanka).

Putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dijadwalkan bergulir pada 5 September 2019-9 Juni 2020. Nantinya, 12 tim, yakni delapan juara grup plus empat runner-up terbaik berhak melaju ke putaran ketiga.

Hasil pertandingan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 ini sekaligus bertindak sebagai kualifikasi Piala Asia 2023.

12 tim yang lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 otomatis lolos ke putaran final Piala Asia 2023, sementara sisanya masih harus berjuang di putaran ketiga atau play-off kualifikasi Piala Asia 2023.

Berikut pembagian pot untuk drawing putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022:

Pot 1: Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, China

Pot 2: Irak, Uzbekistan, Suriah, Oman, Lebanon, Kirgizstan, Vietnam, Yordania

Pot 3: Palestina, India, Bahrain, Thailand, Tajikistan, Korea Utara, Chinese Taipei, Filipina

Pot 4: Turkmenistan, Myanmar, Hong Kong, Yaman, Afghanistan, Maladewa, Kuwait, Malaysia

Pot 5: Indonesia, Singapura, Nepal, Kamboja, Bangladesh, Mongolia, Guam, TBC

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by