Sukses

Prediksi Timnas Indonesia Vs Vanuatu: Momentum Menang di Laga Kandang

Laga Timnas Indonesia Vs Vanuatu di SUGBK menjadi pertandingan kandang pertama buat pelatih Simon McMenemy yang sudah dua kali memimpin Garuda.

Jakarta Timnas Indonesia melakoni uji coba kedua melawan  Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (15/6/2019).Ini menjadi laga kandang pertama timnas Indonesia senior.

Sejak ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia pada awal 2019, Simon McMenemy sudah memimpin dua laga persahabatan. Namun, semua laga tersebut digelar di luar Indonesia alias tandang. 

Pertandingan melawan Vanuatu menjadi yang pertama buat Simon McMenemy memimpin Timnas Indonesia dalam sebuah laga kandang. Pelatih berpaspor Skotlandia itu pun menyambut antusias laga perdananya sebagai pelatih Timnas Indonesia dihadapan suporter Indonesia.

"Buat saya, ini pertandingan kandang pertama saya sebagai pelatih tim nasional. Ketika masih bersama Timnas Filipina, saya tidak pernah memainkan laga kandang di stadion sebesar ini. Jadi saya harap ini akan menjadi pertandingan yang bagus buat saya," kata Simon dalam konferensi pers jelang laga, Jumat (14/6/2019).

Sejauh ini, Timnas Indonesia asuhan Simon McMenemy mencatatkan satu kemenangan dan satu kekalahan. Jadi, laga melawan Vanuatu bisa menjadi momentum kebangkitan Timnas Garuda yang baru menelan kekalahan 1-4 dari Yordania di Amman, Selasa (11/6/2019).

Meski demikian, Simon mengaku tak ingin memandang sebelah mata kekuatan Vanuatu. Eks pelatih Bhayangkara FC itu mengaku tidak bisa mengorek banyak informasi soal Vanuatu karena keterbatasan media yang ada.

"Kami tidak banyak mengetahui tentang Vanuatu. Kami sudah mencoba mencari informasi di internet, namun tidak ada. Jadi, pertandingan besok akan membuat para pemain mencari jawaban ketika ada kesulitan," ujar Simon yang menggantikan Luis Milla di Timnas Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengalaman Berharga

Sementara itu, Vanuatu bersemangat menghadapi Timnas Indonesia. Pelatih Paul Munster berharap laga melawan Timnas Indonesia di SUGBK bisa memberikan pengalaman berharga buat para pemainnya.

"Kami sudah tidak sabar untuk menghadapi pertandingan melawan Timnas Indonesia. Kami juga sebelumnya belum pernah datang dan bermain di stadion ini. Mereka sangat antusias dengan stadion ini dan sudah tidak sabar untuk bermain di lapangannya. Saya berharap besok akan menjadi pertandingan yang menarik karena akan mempersiapkan diri untuk mengikuti Pasific Games pada Juli mendatang," tutur Munster.

Vanuatu bersama Munster sejauh ini baru mencatatkan sekali kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah. Jadi, laga melawan Timnas Indonesia juga bisa dimanfaatkan Vanuatu untuk melanjutkan tren positif.

Laga ini juga akan mencatatkan sejarah buat kedua tim. Sebab, sejauh ini Timnas Indonesia dan Vanuatu belum pernah bertemu pada ajang apapun.

3 dari 3 halaman

Data-Fakta

Prakiraan susunan pemain

Timnas Indonesia (3-4-3): Andritany Ardhiyasa (kiper), Yanto Basna, Hansamu Yama, Achmad Jufriyanto (belakang), Ruben Sanadi, Rizky Pellu, Evan Dimas, Rizky Pora (tengah), Andik Vermansah, Riko Simanjuntak, Alberto Goncalves (depan)

Pelatih: Simon McMenemy (Skotlandia)

Vanuatu (4-4-2): Chikau Mansale (kiper), Johnathan Spokeyjack, Jason Thomas, Joseph Iaruel, Michel Coulon (belakang), Bong Kalo, John Alick, Mitch Cooper, Ronaldo Wilkins (tengah), Kengsi Tangis, Azariah Soromon (depan)

Pelatih: Paul Munster (Irlandia Utara)

Lima pertandingan terakhir Timnas Indonesia

  • 11/6/2019 - Yordania 4-1 Timnas Indonesia (Pertandingan Persahabatan)
  • 25/3/2019 - Myanmar 0-2 Timnas Indonesia (Pertandingan Persahabatan)
  • 25/11/2018 - Timnas Indonesia 0-0 Filipina (Piala AFF 2018)
  • 17/11/2018 - Thailand 4-2 Timnas Indonesia (Piala AFF 2018)
  • 13/11/2018 - Timnas Indonesia 3-1 Timor Leste (Piala AFF 2018)

Lima pertandingan terakhir Vanuatu

  • 10/6/2019 - Vanuatu 0-0 Fiji (Pertandingan Persahabatan)
  • 4/6/2019 - Vanuatu 2-0 Tahiti (Pertandingan Persahabatan)
  • 8/3/2019 - Kepulauan Salomon 3-1 Vanuatu (Pertandingan Persahabatan)
  • 17/11/2018 - Vanuatu 2-2 New Caldonia (Pertandingan Persahabatan)
  • 14/11/2018 - Vanuatu 0-1 New Caldonia (Pertandingan Persahabatan)

Prediksi Bola.com

Timnas Indonesia 60-40 Vanuatu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.