Sukses

JAPFA Chess Tournament 2019: Atlet Catur Putri Indonesia Matikan Langkah GM Belanda

Atlet catur putri Indonesia Medina Warda Aulia mengungguli GM Ivan Sokolov padaJAPFA GM and WGM Chess Tournament 2019.

Liputan6.com, Yogyakarta - Woman Grand Master (WGM) asal Indonesia Medina Warda Aulia mengungguli GM Ivan Sokolov pada putaran kedua turnamen catur di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, Jumat (14/6/2019).

Medina menang di langkah ke-54 dengan menyisakan waktu sekitar 27 menit pada ajang bertajuk JAPFA GM and WGM Chess Tournament 2019. Menurut Medina, bermain lepas menjadi kekuatannya saat melawan atlet catur berusia 50 tahun tersebut.

"Di awal, aku pegang putih, saat opening kurang enak posisinya, lalu bisa imbang, dan akhirnya ada kesempatan buat menang," ujar Medina seusai bertanding.

Medina mengungkapkan kesempatan itu muncul ketika berani bertindak di luar kebiasaan. Medina memainkan raja di saat perwiranya masih banyak. "Raja dimainkan saat perwira masih banyak itu jarang dilakukan di catur," ucapnya.

Menurut Medina, langkah ke-38 menjadi kunci kemenangannya. Dia berani memindahkan raja ke G3 dan H4.

Dia juga menilai Ivan juga sempat salah langkah pada pertandingan. Selain itu, selisih waktu keduanya juga jauh. Ivan hanya menyisakan waktu empat menit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ikut Kategori Putra

Medina mengikuti kategori putra JAPFA Chess Tournament. Dia menyebutkan tiga alasan memilih bertanding di kelompok putra.

Pertama, di kelompok putra Medina bisa mendapat pengalaman bertanding di beragam perhelatan tingkat dunia. Kedua, dia bisa mendapat kesempatan IM putra. Ketiga, Medina bisa memiliki peluang menaikkan ranking.

"Karena saya di putri sudah WGM, jadi kalau bermain di putri targetnya cuma juara saja," kata Medina. (Switzy Sabandar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.