Profil Tim Brasil di Copa America 2019: Incar Gelar Tanpa Bintang Utama

Oleh Aditya Wicaksono pada 14 Jun 2019, 04:00 WIB
Timnas Brasil

Jakarta - Brasil merupakan tuan rumah Copa America 2019. Dengan rekor mentereng di pentas internasional, Selecao pun dijagokan mengangkat trofi. 

Kali terakhir Brasil menjadi juara Copa America terjadi pada 2007. Saat itu, Brasil mengalahkan Argentina pada laga final dengan skor 3-0.

Namun sejak saat itu, Brasil belum lagi bisa menaklukkan Copa America. Bahkan, pada penyelenggaraan terakhir pada 2016, Brasil tidak bisa beranjak dari fase grup.

Hal itu yang membuat sebutan 'Jagoan yang bukan Jagoan' melekat untuk Brasil. Masalah talenta dan bakat, Brasil adalah juaranya.

Setiap tahun, Brasil menelurkan pemain hebat yang menjadi incaran klub-klub top Eropa. Namun, hal itu tak menjadi jaminan bagi mereka untuk bisa meraih prestasi di level internasional.

Walaupun berjaya sebagai negara yang mengoleksi gelar Piala Dunia terbanyak, Brasil kerap terpuruk ketika harus menghadapi rivalnya di turnamen regional tersebut. Sejauh ini, Brasil baru mengoleksi delapan gelar Copa America.

Jumlah tersebut masih kalah dari Uruguay (15 gelar) dan Argentina (14 gelar). Karena itu, Brasil wajib berjuang keras untuk membuktikan diri sebagai negara terbaik di Amerika Selatan.

Pada Copa America 2019, Brasil mendapat tantangan yang lebih besar karena mereka tak akan diperkuat bintang utamanya, Neymar. Pemain yang membela PSG itu mengalami cedera saat menghadapi Qatar pada laga uji coba.

2 of 4

Tite (Pelatih)

Tite
Tite. (Bola.com/Reza Khomaini)

Adenor Leonardo Bacchi atau yang akrab dipanggil Tite, merupakan pelatih timnas Brasil sejak Juni 2016. Ia merupakan pengganti Carlos Dunga yang dipecat setelah kegagalan pada Copa America 2016.

Tite merupakan pelatih yang melanglang buana di kompetisi domestik Brasil. Namanya mencuat ketika menjadi pelatih Corinthians.

Penunjukan Tite sebagai pelatih timnas Brasil cukup mengejutkan karena reputasinya yang belum mendunia. Namun, ia membuktikan kualitasnya dengan menjadikan Brasil sebagai negara pertama yang lolos ke Piala Dunia 2018 selain tuan rumah.

Pada Piala Dunia 2018, Tite mengantarkan Brasil hingga perempat final sebelum disingkirkan oleh Belgia. Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) menunjukkan kepercayaannya kepada Tite dengan mempertahankannya di posisi pelatih.

Copa America 2019 akan menjadi ujian sesungguhnya bagi Tite untuk bisa mengantarkan Brasil meraih prestasi.

3 of 4

Pemain Kunci

Alisson Becker, AS Roma, Timnas Brasil, Real Madrid
Kiper AS Roma asal Brasil, Alisson Becker menjadi incaran banyak klub top Eropa, termasuk Real Madrid. (JOE KLAMAR / AFP)

Alisson Becker

Brasil harus menerima kenyataan kalau mereka tidak bisa diperkuat Neymar pada Copa America 2019. Neymar mengalami cedera saat membela Brasil dalam laga uji coba menghadapi Qatar.

Hal itu membuat Brasil kehilangan pemain kunci utamanya pada laga nanti. Karena itu, peran pemain kunci beralih ke Alisson Becker yang berposisi sebagai kiper.

Alisson Becker merupakan kiper termahal di dunia sebelum transfer Kepa Arrizabalaga ke Chelsea. Pada musim pertamanya bersama Liverpool, Alisson membuktikan kualitasnya dengan menjadi pemain kunci.

Ia menjadi jawaban bagi Liverpool di sektor penjaga gawang. Hal itu terbukti dengan gelar Liga Champions yang diraih The Reds pada musim 2018-19.

Paling tidak, Brasil memiliki lini pertahanan yang solid pada Copa America 2019. Hal itu membuat lini serang harus bekerja keras untuk memastikan kemenangan.

4 of 4

Skuat Brasil

img_brasil-201.jpg
Timnas Brasil. (AFP)

Kiper: Alisson Becker, Cassio Ramos, Ederson Moraes

Bek: Thiago Silva, Joao Miranda, Eder Militao, Filipe Luis, Dani Alves, Marquinhos, Alex Sandro, Fagner

Gelandang: Casemiro, Arthur Melo, Philippe Coutinho, Allan, Fernandinho, Lucas Paqueta

Penyerang: David Neres, Gabriel Jesus, Willian, Everton, Roberto Firmino, Richarlison

 

Sumber: Bola.com

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by