Sukses

Timnas Indonesia Terancam Digusur Malaysia ke Pot 5 Kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Indonesia saat ini berada di pot 4 berdasar peringkat FIFA, yang jadi acuan pada pembagian status unggulan saat undian kualifikasi Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia dalam posisi sulit jelang undian kualifikasi Piala Dunia 2022. Tim Gadura terancam tergusur ke pot lebih rendah menyusul kinerja Malaysia pada kalender FIFA bulan ini.

Malaysia saat ini berada di Pot 5 karena memiliki peringkat lebih rendah ketimbang Timnas Indonesia. Namun, Harimau Malaya tampil impresif pada putaran pertama penyisihan Piala Dunia 2022 melawan Timor Leste. Mereka menang agregat 12-2.

Kesuksesan tersebut membawa Malaysia ke fase kedua kualifikasi. Di sini, sebanyak 40 tim terbaik bakal dibagi ke delapan grup berisi lima tim.

Undian babak ini berlangsung pada 17 Juli mendatang di Doha dengan tim dipilah berdasar peringkat terbaru FIFA. Sebanyak delapan tim terbaik masuk pot unggulan dan tidak mungkin berada di grup sama.

Timnas Indonesia saat ini berada di Pot 4. Namun, Footy Rankings memprediksi anak asuh Simon McMenemy bakal digusur Malaysia. Footy Rankings biasa mengamati perkembangan peringkat FIFA dan kerap melakukan penghitungan sendiri sesuai acuan yang diberikan organisasi pimpinan Gianni Infantino tersebut.

Pasalnya, di saat Malaysia berjaya di dua laga, Indonesia justru dikalahkan Yordania 1-4. Sementara hasil partai versus Vanuatu, 15 Juni, belum tentu dihitung meski PSSI menegaskan sebaliknya. Pasalnya, pertandingan tersebut berlangsung di luar kalender FIFA yakni 3-11 Juni.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Pembagian Pot

 

Pot 1: Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, Qatar, UEA, Arab Saudi, Tiongkok

Pot 2: Irak, Uzbekistan, Suriah, Lebanon, Oman, Kirgizstan, Vietnam, Yordania

Pot 3: Palestina, India, Bahrain, Thailand, Tajikistan, Korea Utara, Taiwan, Filipina

Pot 4: Turkmenistan, Myanmar, Hong Kong, Afghanistan, Yaman, Maladewa, Kuwait, Malaysia

Pot 5: Indonesia, Singapura, Nepal, Bangladesh, Mongolia, Guam, Sri Lanka, Pakistan

 

*menurut Footy Rankings

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.