Pulang dari Jepang, Lorenzo Diprediksi Raih Hasil Lebih Baik di MotoGP Catalunya

Oleh Defri Saefullah pada 13 Jun 2019, 05:30 WIB
Jorge Lorenzo

Liputan6.com, Barcelona- Jorge Lorenzo baru saja mengunjungi markas Honda Repsol di Jepang. Kunjungannya itu untuk memastikan apa yang menjadi masalahnya sehingga belum bisa klop dengan Honda di MotoGP 2019.

Lorenzo pun yakin kunjungannya ke Jepang bakal membantunya untuk meraih hasil positif di balapan akhir pekan ini di MotoGP Katalunya. Selain itu, bahkan, kunjungannya itu bisa selamatkan masa depan dia. 

Pembalap Repsol Honda yang pernah tiga kali juara dunia MotoGP itu membawa gundah gulana ke Jepang. Dari enam seri yang sudah diikutinya, Lorenzo hanya mampu meraih hasil terbaik di posisi ke-11.

Dia mengkonsultasikan masalahnya yang belum bisa adaptasi dengan motor Honda RC213V bersama teknisi di Jepang. Sejauh ini, Lorenzo merasa tak nyaman di motor itu karena kesulitan untuk mengontrol transfer berat saat masuk tikungan.

Trik seperti di Ducati dimana kursi dimodifikasi ternyata belum juga ampuh atasi masalah Lorenzo di MotoGP musim ini.

 

 

2 of 3

Analisa Lebih Dalam

Jorge Lorenzo
Pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo, mengaku belum sepenuhnya nyaman dengan setelan motornya. (AFP/Tiziana Fabi)

Manajer Repsol Honda, Alberto Puig mengatakan kunjungan ke Jepang merupakan sesuatu yang positif bagi Lorenzo. Dia ingin agar Lorenzo dan teknisi di Jepang bisa menganalisa lebih dalam masalah ergonomi di motor Lorenzo.

"Kami pikir bagus untuk bicara langsung dengan teknisi dan menganalisa lebih dalam masalah yang dia hadapi. Mencoba agar dia bisa finis lebih baik dengan motor itu," kata Puig seperti dikutip crash.

Hasil yang diraih Lorenzo di MotoGP Mugello pekan lalu misalnya sangat kontras. Juara bersama Ducati, tapi bersama Honda dia hanya meraih posisi ke-13.

Dia juga berjarak 20 detik dari sang juara, pembalap Ducati, Danilo Petrucci. Hasil tidak timpang diharapkan bisa terjadi di MotoGP Katalunya nanti.

"Setelah campur aduk di Mugello, semoga ada hasil bagus di Barcelona nanti," kata Puig.

3 of 3

Jalani Tes

Selain balapan, Honda juga akan melakoni tes pascabalap di MotoGP Katalunya. Ini juga menjadi yang ditunggu-tunggu tim.

"Kami akan kerja maksimal agar bisa mengecilkan gap dengan pembalap di depan," ujar Puig.

Lanjutkan Membaca ↓