Sukses

Hasil F1 GP Kanada: Vettel Kena Penalti, Hamilton Menang Kontroversial

Vettel menyentuh finis lebih dulu di balapan F1 GP Kanada, tapi penalti membuat Hamilton dinobatkan sebagai pemenang.

Liputan6.com, Ottawa - Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton memenangi balapan Formula 1 (F1) GP Kanada pada Senin (10/6/2019) dini hari WIB berkat keputusan kontroversial penalti lima detik untuk driver Ferrari, Sebastian Vettel.

Padahal, dalam balapan F1 itu, Vettel pembalap pertama yang menyentuh garis finis. Namun, akibat penalti tersebut, Vettel harus berada di posisi kedua.

Tidak ada perayaan kemenangan untuk Ferrari hari itu. Penalti diberikan setelah re-entry yang membahayakan di trek yang dilakukan pembalap asal Jerman tersebut.

Vettal sendiri memulai balapan F1 GP Kanada dari pole position. Vettel membuat kesalahan di putaran ke-48 ketika dia terlalu keras melintasi chicane dan melebar ke rumput di pinggir trek. Dia berhasil mengendalikan mobilnya untuk kembali ke trek di depan sang pembalap Inggris yang terpaksa melakukan pengereman keras agar terhindar dari terpojok ke pagar pembatas.

Balapan dilanjutkan sementara insiden tersebut diinvestigasi oleh steward. Beberapa lap kemudian ketika Vettel diberitahu keputusan penalti tersebut, amarah sang juara dunia F1 empat kali itu meledak seperti terdengar di radio komunikasi pembalap.

Keputusan untuk menjatuhkan hukuman ke Vettel membuat Mercedes memperpanjang dominasi mereka dengan menyapu bersih tujuh gelar juara Grand Prix musim ini. Rekan satu tim Hamilton, Valtteri Bottas finis keempat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Datangi Steward

Sementara Max Verstappen mengamankan poin berharga untuk Red Bull di peringkat lima. Rekan satu timnya, Pierre Gasly finis di P8 di belakang dua pebalap Renault Daniel Ricciardo dan Nico Hulkenberg finis berurutan di P6 dan P7.

Pembalap tuan rumah Lance Stroll mengamankan dua poin untuk Racing Point di P9, dan Daniil Kvyat mengemas poin terakhir di balapan itu di P10. Ferrari yang tak senang harus puas membawa pulang trofi runner-up di podium oleh Vettel dan peringkat tiga oleh rekan satu timnya, Charles Leclerc.

Setelah balapan, Vettel melompat keluar dari mobilnya dan langsung menuju ke kantor steward. Ketika dia keluar dari sana, dia berjalan melintasi mobil balap yang diparkir dan mengambil tanda nomor satu di depan mobil Hamilton kemudian menggantinnya dengan penanda nomor dua.

3 dari 3 halaman

Hasil F1 GP Kanada

Hasil GP Kanada

1. Lewis Hamilton Mercedes 1:29:07,084

2. Sebastian Vettel Ferrari +3,658 detik

3. Charles Leclerc Ferrari +4,696 detik

4. Valtteri Bottas Mercedes +51,043 detik

5. Max Verstappen Red Bull Racing Honda +57,655 detik

6. Daniel Ricciardo Renault +1 lap

7. Nico Hulkenberg Renault +1 lap

8. Pierre Gasly Red Bull Racing Honda +1 lap

9. Lance Stroll Racing Point BWT Mercedes +1 lap

10. Daniil Kvyat Scuderia Toro Rosso Honda +1 lap

11. Carlos Sainz McLaren Renault +1 lap

12. Sergio Perez Racing Point BWT Mercedes +1 lap

13. Antonio Giovinazzi Alfa Romeo Racing Ferrari +1 lap

14. Romain Grosjean Haas Ferrari +1 lap

15. Kimi Räikkönen Alfa Romeo Racing Ferrari +1 lap

16. George Russell Williams Mercedes +2 laps

17. Kevin Magnussen Haas Ferrari +2 laps

18. Robert Kubica Williams Mercedes +3 laps

Tidak finis

NC Alexander Albon Scuderia Toro Rosso Honda DNF

NC Lando Norris McLaren Renault DNF

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.