Jika Dipanggil, Ezra Walian Bisa Perkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2019

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 09 Jun 2019, 00:00 WIB
Ezra Walian

Jakarta - Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria memastikan partisipasi Ezra Walian bersama Timnas Indonesia pada SEA Games 2019. Dia menyatakan polemik kewarganegaraan sang pemain di FIFA tak akan menghambat jadi masalah di pesta olahraga negara ASEAN tersebut.

Ezra Walian sempat dilarang FIFA untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 pada Kualifikasi Piala AFC U-23 2020, Maret 2019. Penyerang naturalisasi ini masih terdaftar sebagai pemain Timnas Belanda U-17 sebelum berganti kewarganegaraan.

Meski begitu, Ezra Walian masih dapat membela Timnas Indonesia pada perhelatan di luar naungan FIFA. Artinya, pemain berusia 21 tahun ini dapat tampil di SEA Games 2019 apabila masuk skuat. 

Nama Ezra Walian saat ini tak tercantum dalam 22 pemain Timnas Indonesia U-23 yang sedang bermain pada turnamen segiempat Merlion Cup 2019. Selain dirinya, muka-muka langganan seperti Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk) dan Saddil Ramdani (Pahang FA) juga tak dibawa pelatih Indra Sjafri.

"Yang jelas kalau untuk SEA Games 2019, Ezra Walian tak dipermasalahkan bermain untuk Timnas Indonesia U-23," ujar Tisha kepada wartawan.

"Karena kan, SEA Games tidak di bawah yuridiksi FIFA Competition. Jadi, Ezra Walian bisa tampil," kata Tisha.

Sebelumnya, Ezra Walian juga pernah tampil di SEA Games 2017 bersama Timnas Indonesia. Pemain RKC Waalwijk ini membawa Tim Garuda Muda merebut medali perunggu.

 

Sumber: Bola.com