Sukses

Fabinho, Gelandang Cerdas Liverpool yang Kerap Terabaikan

Ketika mendarat di Anfield, Fabinho sempat menghabiskan beberapa bulan hanya di bangku cadangan Liverpool.

Liputan6.com, Jakarta Eks pemain Liverpool, Xabi Alonso, memuji ketangguhan gelandang Fabinho. Menurutnya, pemain asal Brasil tersebut bakal jadi andalan The Reds dalam beberapa tahun ke depan bila mampu mempertahankan penampilannya. 

Ketika mendarat di Anfield, Fabinho sempat menghabiskan beberapa bulan hanya di bangku cadangan Liverpool. Dia masih butuh waktu untuk beradaptasi dengan sepak bola Inggris. Awalnya, kualitas Fabinho hanya mengundang keraguan.

Biar begitu, tak lama kemudian Fabinho menjawab semua keraguan itu. Ketika pada akhirnya mendapatkan kesempatan bermain, dia membayar lunas kepercayaan pelatih Liverpool, Jurgen Klopp dengan permainan gemilang.

Alonso, yang pernah bertemu Fabinho di Real Madrid pada musim 2012/13 silam, mengaku melihat banyak kemiripan pada permainan Fabinho dengan dirinya. Fabinho adalah contoh gelandang yang bermain sepenuhnya untuk tim.

"Saya kira kami memiliki beberapa kemiripan dalam hal posisi, dalam hal bagaimana kami ingin terhubung dengan pemain-pemain di sekitar kami, soal bagaimana dia bisa membuat pemain-pemain di sekitarnya bisa bermain lebih baik, membuat mereka bermain lebih mudah dan lebih baik," kata Alonso kepada Liverpoolfc.com.

"Mengambil banyak keputusan kecil yang tepat adalah bagian penting dari seorang gelandang, dan dia melakukan itu dengan sangat baik."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cerdas

Fabinho tak hanya pekerja keras, dia pun cerdas. Alonso yakin Fabinho konstan membaca arah permainan setiap kali bertanding. Fabinho sudah tahu apa yang akan terjadi dan sudah siap mengantisipasinya.

"Saya kira dia bisa bermain di mana pun oleh karena pemahamannya terhadap sepak bola, dan dia bisa membaca apa yang akan terjadi dan bagaimana mengatasinya, tetapi saya kira perkembangannya di Monaco sudah hebat," lanjut Alonso.

"Dia memainkan peran gelandang yang hebat, dia bisa terhubung dengan pemain-pemain terdekat, pada pemain yang lebih jauh, dan saya sangat senang dengan cara dia bermain."

"Dia memahami permainan, dia terlibat dalam permainan, membuat keputusan-keputusan kecil tetapi penting di setiap momen, dan saya kira itulah tugas seorang gelandang," tutupnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.