Sukses

Statistik Ivan Kolev di Persija: 8 Menang, 5 Imbang, dan 8 Kalah

Ivan Kolev mundur dari Persija setelah meraih hasil tidak memuaskan dengan Tim Macan Kemayoran, lalu siapa yang akan menggantikannya?

Jakarta Ivan Venkov Kolev merasa bertanggung jawab dengan pencapaian negatif Persija Jakarta di awal musim Shopee Liga 1 2019. Pria asal Bulgaria itu memilih mundur dari posisinya.

Persija Jakarta mengalami masa-masa kelam di tangan Kolev ketika mengarungi Liga 1 2019. Dari tiga pertandingan, tim berjulukan Macan Kemayoran ini hanya mengemas satu poin.

Alhasil, Persija kini berada di peringkat ke-16 klasemen sementara alias terpuruk di zona degradasi.

Kolev menangani Persija sewaktu struktur kepengurusan tim ibu kota belum berubah. Pelatih asal Bulgaria itu dipilih oleh Gede Widiade, yang waktu itu masih berstatus direktur.

Debut Kolev melatih Persija berakhir manis. Macan Kemayoran dibawanya membantai 757 Kepri Jaya 8-2 pada babak 64 besar Piala Indonesia, Januari lalu.

11 pertandingan Persija di tangan Kolev meliputi Piala Indonesia 2018, Kualifikasi Liga Champions Asia, Piala AFC 2019, dan Piala Presiden 2019 terbilang mengagumkan. Macan Kemayoran mampu meraih enam kemenangan, empat kali seri, dan hanya sekali menelan kekalahan.

Setelah itu, awan gelap muncul. Dari lima pertandingan, Persija selalu nihil poin. Kursi Kolev mulai digoyang. Namun, manejemen masih memberikan kepercayaan kepada dirinya.

Rentetan lima kali kekalahan beruntun putus setelah Persija Jakarta mengalahkan Bali United 1-0 pada babak 8 besar Piala Indonesia 2018, 4 Mei lalu. Catatan Macan Kemayoran beranjak positif ketika berhasil membungkam Shan United 5-1 pada matchday terakhir penyisihan Grup G Piala AFC 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Start Buruk di Shopee Liga 1 2019

Persija menyongsong Liga 1 2019 bermodalkan dua kemenangan. Menantang Barito Putera pada pekan pertama (20/5/2019), Macan Kemayoran sempat unggul lebih dulu sebelum diimbangi tuan rumah di akhir pertandingan.

Pada pekan kedua, Persija bertekad membayar hasil seri dengan kemenangan saat menantang PSIS Semarang (26/5/2019). Ismed Sofyan cs. kembali membuka keran gol pertama. kali ini, PSIS malah berhasil mengembalikan keadaan.

Melawan Bali United pada pekan ketiga, 31 Mei 2019, diyakini menjadi partai penentuan bagi Kolev. Macan Kemayoran kalah 0-1 pada pertandingan itu, tanda pagar (tagar) Kolev Out pun menggema di media sosial Twitter.

Kampanye Kolev Out sempat menjadi yang terpopuler di Twitter pada Jumat malam WIB (31/5/2019). Sejumlah pendukung Persija meminta mantan pelatih Tira Persikabo itu untuk mundur.

Tanda-tanda kepergian Kolev tinggal menunggu waktu. Pada Senin malam WIB (3/6/2019), eks pelatih Timnas Indonesia ini legawa menaggalkan jabatannya sebagai pelatih Persija.

Sebelum mengundurkan diri, Kolev memimpin Persija dalam 21 laga. Torehannya, Macan Kemayoran menang delapan kali, seri lima kali, dan delapan kali menerima nirpoin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.