Sukses

Rapor Merah Ivan Kolev Bersama Persija

Persija tersingkir dari Piala Presiden 2019 dan AFC Cup 2019 dalam kurun kurang dari sebulan. Di Shopee Liga 1, Persija hanya sekali menang dan dua kali kalah.

 

Liputan6.com, Jakarta - Ivan Kolev mengundurkan diri sebagai pelatih Persija Jakarta, Senin (3/6/2019). Keputusan juru taktik asal Bulgaria itu cukup dimaklumi karena selama menungkangi tim Macan Kemayoran bisa dibilang memiliki rapor merah.

Kolev datang ke Persija yang tengah bereuforia usai meraih gelar juara Liga 1 2018. Ada beban berat yang dipikul mantan pelatih Timnas Indonesia itu saat menggantikan Stefano Cugurra Teco yang terbilang sukses bersama Macan Kermayoran.

Debut pertama dalam periode keduanya bersama Persija berjalan mulus. Ia sukses membawa Persija menang 8-2 atas 757 Kepri Jaya pada leg pertama babak 32 besar Piala Indonesia 2018-2019.

Kesuksesan berlanjut ketika Macan Kemayoran sukses menang 3-1 atas Home United pada kualifikasi pertama Liga Champions Asia (LCA) 2019. Beberapa laga setelahnya, semua berjalan normal meski Persija sempat menelan kekalahan 1-3 dari Newcastle Jets dalam lanjutan Kualifikasi LCA 2019. Persija gagal melaju ke babak utama LCA 2019.

Dalam rentang 10 laga perdana bersama Persija, Kolev cukup baik dengan lima kemenangan, empat imbang, dan sekali kalah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rapor Merah

Rapor merah Kolev semakin terlihat saat Persija kalah adu penalti dari Kalteng Putra pada babak delapan besar Piala Presiden 2019. Setelah itu, Persija secara beruntun menelan lima kekalahan di semua ajang.

Tidak hanya itu, mereka juga dipastikan tersingkir dari dua ajang, yakni Piala Presiden 2019 dan AFC Cup 2019 dalam kurun kurang dari sebulan. Persija sempat bangkit saat menang 1-0 atas Bali United pada perempat final Piala Indonesia 2018-2019 dan lolos ke semifinal.

Riko Simanjuntak juga menutup AFC Cup 2019 dengan kemenangan 6-1 atas Shan United.

 

3 dari 3 halaman

Shopee Liga 1

Hanya saja, pada tiga partai awal Shopee Liga 1 2019, mereka kembali dalam performa mengkhawatirkan dengan cuma meraih sekali imbang dan menelan dua kekalahan. Diakui, Persija menjalani jadwal yang sulit pada Ramadan tahun ini.

Faktanya, dalam jangka waktu 11 hari mereka sudah menjalani tiga partai. Bukan cuma itu, ada tiga pulau dan tiga kota yang harus mereka singgahi, yakni Kalimantan Timur (Banjarmasin saat bersua Barito Putera), Jawa Tengah (Magelang saat dijamu PSIS Semarang), dan Bali (saat kontra Bali United).

Kondisi itu jelas membuat fisik pemain Persija terkuras dan sulit mengeluarkan performa terbaiknya.

Untuk mengetahui berita-berita menarik lainnya klik JawaPos.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.