Sukses

FIFA Ubah Keputusan, Liverpool Bisa Tampil di Piala Dunia Antarklub

Liverpool berhak tampil di Piala Dunia Antarklub sebagai jawara Liga Champions. Di final mereka mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0.

Liputan6.com, Jakarta Liverpool dipastikan bakal akan tampil di ajang Piala Dunia Antarklub yang. Turnamen ini digelar di Qatar pada akhir 2019 mendatang.

Sebelumnya, kompetisi yang mempertemukan tim-tim terbaik per benua tersebut tak akan digelar pada edisi 2019 dan 2020. Ini karena adanya ekspansi tim peserta menjadi 24 tim yang dimulai pada 2021 mendatang.

Namun, badan sepak bola dunia atau FIFA kini mengubah keputusan tersebut. FIFA pun memastikan bahwa Piala Dunia Antarklub 2019 dan 2020 akan tetap dipentaskan dengan Qatar dipilih menjadi tuan rumah. Liverpool pun berhak mengikutinya.

Sementara itu, untuk tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2021 baru akan ditentukan dalam pertemuan Dewan FIFA di Shanghai pada 23 dan 24 Oktober 2019.

"Dewan FIFA memutuskan untuk memberikan Qatar hak sebagai menjadi tuan rumah dua edisi berikutnya turnamen (Piala Dunia Antarklub), dalam format yang ada pada 2019 dan 2020," demikian bunyi pernyataan FIFA.

Dua turnamen ini bakal menjadi pemanasan bagi Qatar yang akan bertindak sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Partisipasi Liverpool

Liverpool berhak tampil di Piala Dunia Antarklub sebagai jawara Liga Champions usai mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0 dalam partai final di Madrid akhir pekan kemarin.

Sejauh ini, Liverpool belum pernah menjuarai Piala Dunia Antarklub. Pada edisi 2005 yang berlangsung di Jepang, mereka berhasil lolos hingga ke final. Namun, The Reds gagal menjadi juara setelah kalah 0-1 dari klub Brasil, Sao Paulo.

Tim Inggris terakhir yang berpartisipasi di ajang ini adalah Chelsea pada edisi 2012 silam. Namun kala itu The Blues juga kalah dari Corinthians dengan skor 0-1.

3 dari 3 halaman

Perubahan

Sebelumnya, Presiden FIFA, Gianni Infantino, berharap kalau perubahan format kompetisi Piala Dunia Antarklub akan mendapat tanggapan positif.

“Pencinta sepak bola akan menyaksikan kompetisi terbaik antarklub di dunia. Kompetisi tak lagi diikuti delapan klub, melainkan 24 klub,” ujar Infantino.

“Kami berhadap klub terbaik akan bisa berpartisipasi. Sejauh ini, kami sedang berdiskusi secara intensif dengan UEFA.”

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.